Nonaktifkan 2 pengaturan iOS ini untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar bertahan lebih lama

Nonaktifkan 2 pengaturan iOS ini untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar bertahan lebih lama

Techno.id - Saat kamu harus melewati sepanjang hari atau lebih tanpa pengisi daya smartphone, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah membawa pengisi daya portabel (powerbank) baik saat traveling maupun perjalanan bisnis. Selain itu, kamu juga disarankan melakukan semua yang bisa memaksimalkan masa pakai baterai iPhone.

Jika kamu adalah pengguna iPhone, ada beberapa pengaturan di iOS 17.5 yang dapat disesuaikan agar perangkat kamu tidak kehabisan daya saat kamu sangat membutuhkannya. Kamu juga dapat mengawasi menu Kesehatan Baterai yang tidak hanya akan memberi tahu persentase kesehatan baterai, tetapi juga menunjukkan berapa kali kamu telah mengalibrasi baterai dan apakah baterai kamu normal atau tidak. Cara-cara ini harus kalu lakukan sebelum mendapatkan pembaruan iOS 18.

Namun sebelum itu, tidak ada salahnya jika kamu menyesuaikan dua fitur di iOS 16 dan iOS 17 yang sebenarnya membebani baterai iPhone. Berikut dua fitur tersebut.

1. Berhenti menggunakan widget di layar kunci

Nonaktifkan 2 pengaturan iOS ini untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar bertahan lebih lama foto: techno.id/yani andriyansyah

Semua widget di layar kunci akan memaksa aplikasi untuk berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget, seperti skor olahraga atau cuaca. Karena aplikasi ini terus-menerus berjalan di latar belakang, artinya akan terus menguras daya.

Jika ingin membantu menghemat baterai di iOS 17, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari widget di layar kunci dan layar beranda. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lain. Tekan jari kamu ke bawah pada layar kunci yang ada, lalu geser ke sekitar untuk memilih salah satu yang tidak memiliki widget.

Jika hanya ingin menghapus widget dari layar kunci yang ada, tekan layar kunci, tekan Sesuaikan, pilih opsi Layar Kunci, ketuk kotak widget dan kemudian tekan tombol " pada setiap widget untuk menghapusnya.

2. Mematikan getaran papan ketik

Nonaktifkan 2 pengaturan iOS ini untuk meningkatkan masa pakai baterai iPhone agar bertahan lebih lama foto: tangkapan layar

Keyboard di iPhone tidak pernah memiliki kemampuan untuk bergetar saat kamu mengetik. Namun ada tambahan yang disebut umpan balik haptic yang ditambahkan ke iPhone dengan iOS 16. Alih-alih hanya mendengar suara klik-klik, umpan balik haptic memberi setiap tombol getaran, memberikan pengalaman yang lebih imersif saat kamu mengetik.

Namun umpan balik haptic dapat memengaruhi masa pakai baterai iPhone. Tidak ada spesifikasi yang diberikan tentang berapa banyak masa pakai baterai yang dihabiskan fitur keyboard ini, tetapi jika ingin menghemat baterai, yang terbaik adalah menonaktifkan fitur ini.

Untungnya, fitur ini tidak diaktifkan secara default. Jika kamu telah mengaktifkannya sendiri, buka Pengaturan > Suara & Haptik > Umpan Balik Keyboard dan matikan Haptic untuk mematikan umpan balik haptic keyboard.

(brl/red)