Opsi batas pengisian daya iOS 18 bisa memperpanjang masa pakai baterai iPhone, ini cara menggunakannya

Opsi batas pengisian daya iOS 18 bisa memperpanjang masa pakai baterai iPhone, ini cara menggunakannya

Techno.id - Apple memperkenalkan opsi batas pengisian daya yang diperluas untuk model iPhone 15 dan iPhone 16 di iOS 18. Fitur ini menawarkan pengguna lebih banyak kontrol atas kesehatan baterai perangkat mereka. Fitur ini, yang sebelumnya membatasi pengisian daya pada 80%, sekarang mencakup opsi baru 85%, 90%, 95%, dan 100% untuk dipilih.

Jadi pada Pengaturan > Baterai > Pengisian Daya, kamu sekarang dapat mengatur batas pengisian daya iPhone, mulai dari 80 persen hingga 100 persen, dengan penambahan lima persen. Kini pengguna dapat menemukan rekomendasi batas pengisian daya baru di aplikasi Pengaturan di bawah Baterai > Pengisian Daya. Fitur ini membuat pengguna memiliki lebih banyak cara untuk menghemat kesehatan baterai dalam jangka panjang.

Apple menyebutkan sweet spot untuk kesehatan baterai adalah antara 20 dan 80 persen. Tetapi bagi beberapa pengguna, 80 persen mungkin terlalu rendah, jadi dapat menetapkan batas pada 85, 90, dan 95 persen mungkin lebih membantu dalam jangka panjang.

Sistem yang diterapkan Apple ini bertujuan untuk meningkatkan umur panjang baterai dengan mengurangi waktu yang dihabiskan iPhone untuk terisi penuh. Apple mengatakan fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering mencolokkan perangkat mereka untuk waktu yang lama.

Opsi batas pengisian daya iOS 18 bisa memperpanjang masa pakai baterai iPhone, ini cara menggunakannya foto: macrumors

Berikut cara menggunakan pengaturan baru ini untuk berpotensi memperpanjang masa pakai baterai iPhone.

1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.

2. Ketuk Baterai.

3. Pilih Pengisian Daya.

4. Pilih batas pengisian daya pilihan dari opsi yang tersedia, 80%, 85%, 90%, 95%, dan 100%.

Saat memutuskan batas pengisian daya, pertimbangkan pola penggunaan harian. Jika kamu sering memiliki akses ke pengisian daya sepanjang hari, batas bawah seperti 80% atau 85% mungkin sudah cukup. Bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak masa pakai baterai di antara pengisian daya, opsi 90% atau 95% bisa lebih cocok.

Kamu selalu dapat menyesuaikan pengaturan ini saat kebutuhan berubah. Jika merencanakan hari yang panjang jauh dari sumber listrik, kamu dapat menonaktifkan sementara batas untuk mendapatkan pengisian penuh. iOS 18 akan menawarkan opsi untuk tetap mengaktifkan pengaturan 100% hingga besok, atau secara permanen.

Jika kamu memiliki iPhone 15 atau iPhone 16, perkirakan akan menerima pemberitahuan setelah beberapa saat yang menyarankan batas pengisian daya yang optimal untuk perangkat. Rekomendasi juga akan muncul di aplikasi Pengaturan di bawah Baterai > Pengisian Daya. Fitur batas pengisian daya hanya ditemukan di iPhone 15 dan iPhone 16. Opsi ini tidak tersedia di iPhone lama.

Peringatan pengisi daya lambat

Opsi batas pengisian daya iOS 18 bisa memperpanjang masa pakai baterai iPhone, ini cara menggunakannya foto:macrumors

Selain memberi pengguna lebih banyak batas dan rekomendasi pengisian daya, iOS 18 juga dapat memperingatkan kamu jika telah menggunakan pengisi daya lambat.

Di menu Pengaturan > Baterai, grafik level baterai sekarang menunjukkan warna oranye di mana pengisian daya lambat telah terjadi selama 24 jam terakhir. Jika durasi pengisian daya mencapai ambang batas tertentu, peringatan Pengisi Daya Lambat akan muncul di atas grafik.

Banyak pengisi daya nirkabel mengiklankan kompatibilitas MagSafe tetapi hanya menawarkan kecepatan Qi atau lebih lambat. Fitur ini dapat membantu pengguna iPhone mengidentifikasi mengapa perangkat mereka tidak mengisi daya dengan kecepatan penuh.

(brl/red)