Pembaruan iOS iPhone mengacaukan ikon aplikasi? Begini cara memperbaikinya

Pembaruan iOS iPhone mengacaukan ikon aplikasi? Begini cara memperbaikinya

Techno.id - Ikon Mode Gelap adalah komponen baru yang populer dari pembaruan iOS 18. Namun, tidak jarang pengguna bingung karena layar beranda berubah setelah memperbarui iPhone mereka. Tidak semua pengguna menginginkan ikon Mode Gelap. Untungnya, memulihkan ikon aplikasi standar cukup cepat dan mudah.

Seperti biasa, penyesuaian layar beranda iOS terdapat di balik mode goyangan. Buka kunci iPhone, tekan dan tahan ruang kosong, dan tunggu ikon aplikasi bergoyang. Tombol kecil Edit akan muncul di sudut kiri atas layar. Ketuk tombol Edit, pilih Sesuaikan dari menu tarik-turun, dan menu popup kecil akan muncul di bagian bawah layar.

Menu Sesuaikan (Customize) baru memungkinkan kamu untuk menggelapkan latar belakang, memilih gaya ikon aplikasi, dan beralih di antara ikon aplikasi kecil atau besar. Jika ingin bermain-main dengan opsi ini, jangan ragu untuk melakukannya, karena mudah untuk mengembalikan semuanya ke normal.

Pembaruan iOS iPhone mengacaukan ikon aplikasi? Begini cara memperbaikinya foto: apple

Jika ingin mengembalikan ikon aplikasi lama, pilih gaya ikon Cahaya (Light). Ponsel tetap masih dalam Mode Gelap setelah memilih opsi ini, tetapi ikon aplikasi menampilkan tema Mode Cahaya aslinya.

Jika kamu menggunakan Mode Fokus, kamu harus mengulangi proses ini untuk setiap pengaturan Fokus yang menggunakan layar kunci khusus atau halaman layar beranda. Meskipun beberapa orang mungkin melihat ini sebagai ketidaknyamanan, namun tema ikon Gelap memberikan cara baru untuk membedakan fitur Jangan Ganggu dan Tidur dari mode standar iPhone.

Mode Fokus tanpa penyesuaian visual apa pun akan mengikuti pengaturan gaya ikon aplikasi standar. Jika ingin mengubahnya, masuk ke aplikasi Pengaturan, pilih Fokus, dan atur wallpaper kustom atau halaman layar beranda untuk salah satu Mode Fokus.

Sekarang, pada rilis iOS 18.0, jika kamu menggunakan Mode Gelap dengan tema ikon Terang, ikon aplikasi akan tetap muncul Gelap di dalam aplikasi Pengaturan. Tidak jelas apakah ini bug atau pilihan yang disengaja dari Apple.

(brl/red)