Penyebab baterai ponsel Samsung Galaxy cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya

Penyebab baterai ponsel Samsung Galaxy cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Buat kamu pengguna smartphone Samsung Galaxy, mungkin pernah mengalami baterainya cepat habis. Saat mengalami masalah seperti ini, jangan keburu berkeseimpulan kondisi baterai sudah using atau rusak.

Karena masalah seperti ini bisa disebabkan beberapa faktor mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan baterai ponsel Samsung Galaxy kamu cepat terkuras habis dan begini cara mengatasinya.

1. Mode hemat daya tidak diaktifkan

Penyebab baterai ponsel Samsung Galaxy cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar

Ponsel Samsung menyertakan mode hemat daya bawaan yang akan membatasi proses jaringan latar belakang. Ketika fitur ini tidak diaktifkan bisa menyebabkan pengurasan baterai. Untuk mengaktifkan mode hemat daya, buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Baterai > Hemat daya. Alihkan pengaturan untuk mengaktifkan penghematan daya.

Selangkah lebih jauh, Samsung memiliki fungsi bawaan untuk mengoptimalkan baterai ponsel secara otomatis dengan mengubah berbagai pengaturan. Buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Ketuk Optimalkan sekarang.

2. Aplikasi pihak ketiga yang haus daya

Penyebab baterai ponsel Samsung Galaxy cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar

Lihat aplikasi apa yang paling banyak menghabiskan baterai ponsel kamu. Mencopot pemasangan aplikasi tersebut jika kamu tidak menggunakannya adalah tindakan terbaik yang harus diambil.

Untuk melihat statistik ini, buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Baterai yang Digunakan sejak pengisian penuh terakhir. Daftar aplikasi akan muncul peringkat berdasarkan yang paling haus energi. Hapus instalan aplikasi dari bagian Aplikasi Pengaturan > Aplikasi.

Pilihan lainnya adalah menidurkan aplikasi yang tidak digunakan. Ini mencegah aplikasi berjalan di latar belakang yang menghasilkan lebih sedikit daya yang digunakan. Buka aplikasi Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > Baterai > Batas penggunaan latar belakang. Alihkan Letakkan aplikasi yang tidak digunakan ke mode tidur untuk mengaktifkan.

3. Menggunakan antarmuka yang banyak menyedot daya

Penyebab baterai ponsel Samsung Galaxy cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar

Penggunaan antarmuka seperti wallpaper yang aktif bisa sangat menyedot daya. Karena itu sebaiknya kamu menggunakan lock screen yang hemat daya. Selain itu saat ini beberapa ponsel Samsung Galaxy menggunakan layar Amoled yang lebih hemat energi sehingga menggunakan format mode gelap bisa sangat membantu untuk menghemat baterai. Untuk menggunakannya, buka aplikasi Pengaturan > Display. Lalu pilih mode Gelap.

4. Fitur Always On Display selalu aktif

Penyebab baterai ponsel Samsung Galaxy cepat terkuras habis, begini cara memperbaikinya foto: freepik

Fitur Always On Display yang selalu aktif bisa menggerogoti baterai ponsel kamu. Untuk menonaktifkannya, buka aplikasi Pengaturan > Layar kunci. Matikan Always On Display atau jadwalkan agar menyala selama waktu tertentu. Kamu mungkin perlu menonaktifkan mode hemat daya sebelum dapat menonaktifkan Always on Display.

(brl/red)