Penyebab layar iPhone terus meredup saat fitur kecerahan otomatis mati, begini cara memperbaikinya

Penyebab layar iPhone terus meredup saat fitur kecerahan otomatis mati, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Kamu pernah mengalami masalah layar iPhone yang meredup? Jangan panik, mungkin kamu hanya mengaktifkan kecerahan otomatis. Namun, saat memeriksa di Pengaturan, kamu melihat fitur tersebut sudah dimatikan.

Tetapi saat kamu mulai menghidupkan dan mematikannya lagi, layar masih tetap redup bahkan hampir tidak dapat melihat ikon aplikasi di layar. Dilema peredupan layar ini bisa sangat mengganggu, terutama ketika kamu sensitif terhadap perubahan sekecil apa pun pada perangkat.

Jika mengalami masalah ini, dua hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mulai ulang iPhone dan perbarui ke perangkat lunak terbaru. Perbaikan ini biasanya membuat banyak gangguan hilang, tetapi jika layar masih meredup, mungkin ada masalah mendasar lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab layar iPhone meredup dan cara untuk memperbikinya.

1. iPhone terlalu panas

Penyebab layar iPhone terus meredup saat fitur kecerahan otomatis mati, begini cara memperbaikinya foto: freepik/dayalguru

Aktivitas tertentu dapat menaikkan suhu iPhone. Kamu biasanya akan merasakan pemanasan perangkat saat memainkan game intensif grafis, tetap melakukan panggilan video untuk waktu yang lama, menggunakan handset saat mengisi daya atau saat berada di bawah sinar matahari langsung, dan streaming video definisi tinggi selama berjam-jam.

Jika iPhone menjadi lebih hangat dari biasanya, sistem mungkin secara otomatis menurunkan kecerahan layar sebagai bentuk perlindungan dari panas. Layar akan kembali ke pengaturan kecerahan khusus setelah perangkat kembali ke suhu normal.

Solusi termudah untuk masalah peredupan adalah berhenti menggunakan perangkat saat kamu merasa panas dan membiarkannya beristirahat dan mendingin sebelum menggunakannya lagi. Kamu juga dapat mematikannya untuk mendinginkannya lebih cepat. Jika benar-benar perlu melanjutkan apa yang kamu lakukan saat sedang mengisi daya atau berada di bawah sinar matahari, lepaskan casing untuk menghilangkan panas. Jika menggunakannya di dalam mobil untuk navigasi, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Beberapa pengaturan tampilan diaktifkan

Penyebab layar iPhone terus meredup saat fitur kecerahan otomatis mati, begini cara memperbaikinya foto: freepik/nensuria

Kecerahan Otomatis bukan satu-satunya pengaturan tampilan di iPhone yang memengaruhi kecerahan layar. Ada beberapa fitur lain yang terselip di aplikasi Pengaturan yang juga dapat menyebabkan layar perangkat meredup.

Pertama, di halaman Display & Brightness, ada fitur True Tone dan Night Shift. True Tone secara otomatis menyesuaikan warna dan intensitas layer berdasarkan cahaya di sekitarnya. Night Shift, di sisi lain, menambahkan warna hangat ke layar di malam hari, yang dapat membuat layar terlihat lebih redup dari biasanya.

Sementara itu, pada pengaturan Aksesibilitas, ada Reduce White Point, Dim Flashing Lights, Attention Aware Features, dan tentunya Auto-Brightness. Kurangi Titik Putih, dan Pengaturan iPhone ideal untuk menggunakan ponsel dalam gelap, pada dasarnya menurunkan intensitas warna untuk tampilan yang lebih redup. Lampu Berkedip Redup mengurangi kecerahan layar selama efek berkedip atau strobo di media yang sedang diputar.

Di sisi lain, Fitur Sadar Perhatian dapat meredupkan layar jika kamu memalingkan muka darinya. Kamu dapat mencoba menonaktifkan pengaturan ini untuk mencegah layar iPhone meredup. Berikut cara melakukannya.

1. Buka Pengaturan.

2. Buka Display & Brightness.

3. Di bawah Kecerahan, matikan True Tone.

4. Ketuk Night Shift.

5. Nonaktifkan terjadwal atau aktifkan secara manual hingga besok.

6. Kembali ke halaman Pengaturan utama.

7. Buka Aksesibilitas.

8. Arahkan ke Display & Text Size.

9. Matikan Kurangi Titik Putih dan Kecerahan Otomatis di bagian bawah halaman.

10. Kembali ke halaman Aksesibilitas.

11. Pilih Gerakan.

12. Nonaktifkan lampu berkedip redup.

13. Dari halaman Aksesibilitas utama, pilih Face ID & Attention.

14. Nonaktifkan Fitur Sadar Perhatian.

15. Saat diminta, ketik kode sandi kamu.

Setelah selesai, kamu dapat menggunakan ponsel seperti biasa dan mengamati apakah ponsel masih meredup secara tak terduga.

3. Mengaktifkan Mode Daya Rendah

Penyebab layar iPhone terus meredup saat fitur kecerahan otomatis mati, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar

Mode Daya Rendah di iPhone pada dasarnya menambah lebih banyak masa pakai daya baterai saat ini sehingga kamu tidak perlu mengisi daya perangkat secepat biasanya. Fitur ini bekerja dengan membuat ponsel mengonsumsi lebih sedikit daya untuk menghemat baterai.

Meskipun ini membuat baterai bertahan lebih lama, tetapi beberapa fungsi, termasuk kecerahan layar, terpengaruh. Jadi, jika kamu mengaktifkan Mode Daya Rendah, mungkin akan mengalami peredupan layar. Kamu dapat langsung mengetahui apakah menggunakan Mode Daya Rendah dengan melihat ikon baterai di bilah status. Ikon baterai kuning berarti kamu telah mengaktifkan fitur tersebut. Untuk mematikan Mode Daya Rendah, inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka Pengaturan.

2. Pilih Baterai.

3. Ketuk sakelar di sebelah Mode Daya Rendah untuk menonaktifkannya.

4. Kamu kemudian dapat keluar dari aplikasi Pengaturan dan melihat apakah layar masih meredup.

4. Kerusakan perangkat keras

Penyebab layar iPhone terus meredup saat fitur kecerahan otomatis mati, begini cara memperbaikinya foto: freepik/karlyukav

Jika kamu telah mencoba metode pemecahan masalah yang disebutkan dan tidak ada yang berhasil, mungkin iPhone kamu memiliki masalah perangkat keras. Mungkin sensor cahaya sekitar tidak berfungsi, lampu latar layar rusak atau longgar, atau baterai rusak dan memengaruhi manajemen daya perangkat.

Dalam hal ini, yang terbaik adalah membawa iPhone untuk diperiksa profesional. Kamu dapat menemukan pusat layanan terdekat dengan mengunjungi locate.apple.com, memilih Servis & Dukungan, dan memilih Penyedia Servis Resmi Apple pilihan dari daftar pilihan yang tersedia.

Saat mengklik penyedia dalam daftar, kamu dapat melihat lokasi persis mereka, detail kontak, dan perangkat Apple yang mereka layani. Kamu juga dapat menjadwalkan janji temu langsung dari halaman hanya dengan masuk ke akun kamu.

Jika memutuskan untuk membawa perangkat ke pusat layanan, pastikan perangkat siap untuk diperbaiki terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mempersiapkan iPhone untuk diservis.

1. Cadangkan iPhone.

2. Hapus kartu atau pass kamu dari Apple Wallet. Di aplikasi Dompet, pilih kartu atau pass dan buka Lainnya (tiga tombol di bagian atas) > Detail Kartu atau Pass. Kemudian, ketuk Hapus Kartu atau Pass. Saat diminta, pilih Hapus untuk melanjutkan.

3. Nonaktifkan Apple Cash dengan membuka Pengaturan dan menavigasi ke Wallet & Apple Pay. Kemudian, matikan Apple Cash di bagian atas layar. Di kotak dialog yang muncul, pilih Nonaktifkan untuk mengonfirmasi.

Setelah berada di pusat layanan, kamu mungkin perlu menonaktifkan Lacak. Dari Pengaturan, buka [nama Anda] > Lacak Saya > Cari iPhone Saya. Jika opsi berwarna abu-abu, matikan Perlindungan Perangkat yang Dicuri terlebih dahulu dari Pengaturan > Face ID & Kode Sandi.

(brl/red)