Selalu lakukan cara ini sebelum meminjamkan ponsel Android kamu kepada seseorang

Selalu lakukan cara ini sebelum meminjamkan ponsel Android kamu kepada seseorang

Techno.id - Ada kalanya seseorang, baik itu kenalan, keluarga, atau orang asing sekalipun, ingin meminjam ponsel Android kamu untuk melakukan panggilan karena keadaan darurat. Nah sebelum kamu meminjamkan ponsel, pastikan mereka tidak membuka aplikasi lain, baik secara tidak sengaja atau sengaja.

Ponsel Android memungkinkan kamu melakukannya dengan App Pinning (Penyematan Aplikasi). Ini adalah fitur untuk mengunci aplikasi menggunakan sidik jari atau PIN. Dengan begitu, orang yang kamu pinjamkan ponsel tidak bisa membuka aplikasi tertentu yang telah dikunci.

Cara mengaktifkan App Pinning

Selalu lakukan cara ini sebelum meminjamkan ponsel Android kamu kepada seseorang foto: tangkapan layar

Menyematkan aplikasi berarti Android akan mengunci aplikasi tersebut ke layar hingga kamu membukanya menggunakan sidik jari atau PIN. Tidak ada yang dapat membuka aplikasi tanpa metode buka kunci. Cara ini berfungsi di aplikasi apa pun, termasuk aplikasi streaming atau game.

Saat aplikasi disematkan, kamu tidak dapat menarik pemberitahuan, melihat ikon bilah status, pemberitahuan masuk, menu aplikasi terbaru, atau menavigasi ke mana saja di luar aplikasi yang disematkan. Ketika mencoba keluar dari aplikasi, maka akan menampilkan pop-up yang menginstruksikan cara melepas sematan aplikasi.

Jika orang yang ingin meminjam ponsel kamu hanya memerlukan aplikasi Telepon, ia hanya dapat menggunakan aplikasi tersebut hingga kamu mengambil kembali ponsel dan membukanya.

Penyematan Aplikasi diaktifkan secara default di beberapa perangkat Android, tetapi tidak semua. Karena itu pastikan fitur ini siap untuk digunakan. Label menu yang tepat mungkin berbeda antar produsen, tetapi kamu biasanya akan menemukan Penyematan Aplikasi di bagian lanjutan menu Keamanan.

Buka aplikasi Pengaturan dan arahkan ke Kata Sandi & Keamanan (Keamanan dan Privasi) dan buka Opsi Lanjutan. Cari menu yang disebut App Pinning atau Screen Pinning. Cukup ketuk tombol penggeser untuk mengaktifkannya.

Kamu juga akan melihat tombol yang memungkinkan kamu mengamankan aplikasi yang disematkan menggunakan PIN atau sidik jari. Jika sakelar ini dinonaktifkan, siapa pun dapat melepas sematan aplikasi yang disematkan dan mengakses ponsel kamu.

Tetapi jika diaktifkan, layar ponsel akan terkunci tepat setelah upaya untuk melepas sematan. Kamu harus membukanya dengan sidik jari atau PIN. Di Android 8.1 dan yang lebih rendah, fitur ini diaktifkan secara default.

(brl/red)