Tanpa koneksi internet, begini cara mudah menggunakan Google Drive secara offline di PC Windows

Tanpa koneksi internet, begini cara mudah menggunakan Google Drive secara offline di PC Windows

Tanpa koneksi internet, begini cara mudah menggunakan Google Drive secara offline

1. Buka browser Google Chrome di perangkat berbasis Windows. Untuk situasi ini pastikan perangkat terhubung dengan internet lebih dahulu

2. Klik ikon titik tiga di ujung kanan layar, lalu pilih Settings

3. Pilih menu Extensions. Cari dan pilih: Google Docs Offline

3. Download dengan cara klik Add to Chrome lalu pasang

4. Masuk ke akun Google

5. Pada halaman My Device, pilih Settings di ujung kanan atas layar

6. Pilih General yang ada di sebelah kiri layar. Centang kotak yang ada di samping tulisan: Sync Google Docs, Sheets, Slides & Drawings files to this computer so that you can edit offline

7. Pilih Done. Semua langkah-langkah yang diperlukan telah selesai. Kini kamu dapat mengerjakan Docs, Sheets, dan Slides di browser Chrome dalam mode offline

8. Download dan pasang versi personal gratis Backup and Sync untuk Google Drive

Tanpa koneksi internet, begini cara mudah menggunakan Google Drive secara offline di PC Windows

foto: lifewire.com/Robert Earl Wells III

9. Buka Backup and Sync. Lalu masuk ke akun Google milikmu

10. Kini kamu dapat menyimpan semua hasil pekerjaan di perangkatmu otomatis langsung ke Google Drive. Namun jika tidak menginginkannya, hilangkan centang pada kotak untuk masing-masing folder. Kemudian pilih Next

11. Pilih untuk mencentang kotak yang ada di samping tulisan: Sync My Drive to this computer. Lalu klik Start

12. Setelah proses selesai, file Google Drive akan terdownload ke folder dengan nama Google Drive. Semua file yang kamu tambahkan di Google Drive akan langsung otomatis terdownload ke perangkatmu

(brl/guf)