Terganggu dengan bombardir notifikasi? Begini cara hiatus dari WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasi

Terganggu dengan bombardir notifikasi? Begini cara hiatus dari WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasi

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang mulai bosan atau malah kesal ketika WhatsApp terus berbunyi untuk memunculkan notifikasi. Apalagi jika bergabung dengan banyak grup, bisa dipastikan kamu akan menerima banyak pemberitahuan.

Selain bikin kesal, pesan WhatsApp berupa gambar atau video juga akan memenuhi penyimpanan smartphone. Mungkin ada dari kamu yang berniat untuk menghapus aplikasi WhatsApp agar terbebas dari pemberitahuan yang menumpuk.

Tetapi menghapus aplikasi bukan selalu merupakan solusi ideal. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk beristirahat sejenak dari WhatsApp tanpa menghapus aplikasinya. Begini caranya.

1. Matikan semua pemberitahuan

Terganggu dengan bombardir notifikasi? Begini cara hiatus dari WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mematikan pemberitahuan WhatsApp memungkinkan kamu melanjutkan hari tanpa terganggu oleh pemberitahuan pesan. Proses ini berbeda tergantung apakah kamu menggunakan iPhone atau ponsel Android.

Di Android, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Tekan lama ikon WhatsApp dan pilih info aplikasi dari menu.

2. Ketuk Kelola notifikasi.

3. Matikan sakelar notifikasi atau matikan sakelar di samping Izinkan Pemberitahuan.

Di iPhone, gunakan langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan gulir ke bawah untuk mengetuk WhatsApp.

2. Buka Notifikasi.

3. Matikan sakelar Izinkan Pemberitahuan.

Jika menggunakan WhatsApp di PC, kamu juga dapat menonaktifkan notifikasinya. Begini caranya.

1. Buka WhatsApp di desktop.

2. Klik ikon roda gigi di sudut kiri bawah.

3. Klik Pemberitahuan dan nonaktifkan sakelar di samping Pesan, Panggilan, dan Reaksi.

Kamu juga dapat menggunakan strategi untuk menjaga notifikasi WhatsApp tetap terkendali jika mematikan sepenuhnya tampak terlalu ekstrem. Ini dapat membantu jika kamu merasa kewalahan oleh pemberitahuan dari grup atau individu tertentu.

2. Menonaktifkan penggunaan data selular dan data latar belakang untuk WhatsApp

Terganggu dengan bombardir notifikasi? Begini cara hiatus dari WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Metode lain untuk menghindari menerima pesan di WhatsApp adalah mematikan data selular untuk aplikasi dan mencegahnya berjalan di latar belakang. Dengan cara ini, kamu dapat menggunakan aplikasi lain yang bergantung pada internet tanpa terganggu oleh WhatsApp.

Untuk menonaktifkan penggunaan data selular dan data latar belakang untuk WhatsApp di Android, gunakan langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan buka Manajemen aplikasi > Daftar aplikasi.

2. Cari dan ketuk WhatsApp.

3. Ketuk Detail penggunaan data.

4. Aktifkan tombol di samping Nonaktifkan data selular.

5. Nonaktifkan pengalih Data latar belakang.

Jika ponsel Android kamu tidak menyertakan opsi untuk menonaktifkan akses internet untuk masing-masing aplikasi, kamu dapat menggunakan aplikasi firewall Android yang andal untuk mencegah WhatsApp menggunakan internet.

Untuk menonaktifkan penggunaan data seluler dan data latar belakang untuk WhatsApp di iPhone, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.

2. Gulir ke bawah untuk menemukan WhatsApp dan kemudian ketuk di atasnya.

3. Matikan sakelar di samping Data Selular dan Segarkan Apliksi Latar Belakang.

3. Sembunyikan aktivitas terakhir dilihat dan nonaktifkan laporan dibaca

Terganggu dengan bombardir notifikasi? Begini cara hiatus dari WhatsApp tanpa harus menghapus aplikasi foto: tangkapan layer/techno.id/yani andriyansyah

Menyembunyikan aktivitas terakhir dilihat adalah cara efektif untuk menjadi tidak terlihat di WhatsApp tanpa menghapus aplikasi. Dengan cara ini, kontak kamu tidak akan tahu kapan kamu terakhir aktif.

Selain itu, kamu harus menonaktifkan laporan dibaca di WhatsApp sehingga orang lain tidak dapat mengetahui apakah kamu telah membaca pesan mereka. Untuk menyembunyikan aktivitas terakhir dilihat dan menonaktifkan laporan dibaca di WhatsApp begini caranya.

1. Buka WhatsApp di ponsel. Jika memiliki Android, ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan. Di iPhone, ketuk tab Pengaturan di sudut kanan bawah.

2. Buka Privasi.

3. Atur Terakhir dilihat dan online kamu ke "Tidak Ada".Nonaktifkan sakelar Tanda terima baca.

(brl/red)