Ubah 9 Pengaturan Windows ini untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop

Ubah 9 Pengaturan Windows ini untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop

Techno.id - Sama seperti smartphone, baterai laptop akan menurun seiring waktu dan kehilangan kapasitasnya. Akibatnya, waktu aktif laptop akan semakin sedikit untuk sekali pengisian daya. Pada Tingkat yang parah, kamu harus selalu menyolokkan laptop ke sumber listrik.

Jika kamu mengalami masalah baterai yang mulai menurun kemampuannya, maka dapat mengubah beberapa pengaturan di perangkat Windows yang lebih dalam. Tujuannya untuk peningkatan masa pakai baterai. Berikut cara mengubah pengaturan laptop Windows untuk memaksimalkan masa pakai baterai.

1. Atur mode daya

Ubah 9 Pengaturan Windows ini untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop foto: tangkapan layar

Mode daya di Windows menunjukkan penggunaan sumber daya yang tersedia di perangkat. Idealnya, kamu harus mengaturnya ke Seimbang atau Performa maksimum, saat adaptor AC terhubung ke sumber listrik.

Tetapi kedua mode ini tidak akan membantu meningkatkan masa pakai baterai. Arahkan ke Pengaturan > Mode Daya & baterai > Daya. Pilih Efisiensi daya terbaik dari fitur naik turun untuk menghemat masa pakai baterai laptop.

2. Aktifkan penghemat baterai atau energi

Ubah 9 Pengaturan Windows ini untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop foto: tangkapan layar

Penghemat baterai akan memaksa PC Windows menghentikan aktivitas latar belakang, pembaruan, sinkronisasi, dan elemen OS lainnya yang menghabiskan sumber daya sistem dan menguras baterai secara agresif.

Tekan Win + A untuk membuka Pengaturan cepat. Kemudian klik ikon Penghemat Baterai untuk mengaktifkan fitur tersebut. Namun, kamu dapat mengakses kontrol yang lebih terperinci dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan > Sistem > Daya & baterai > Penghemat baterai.

2. Pilih opsi tingkat persentase baterai (10, 20, 30, 40, 50 persen, atau Selalu) saat penghemat baterai harus diaktifkan secara otomatis.

3. Pilih opsi Kecerahan layar yang lebih rendah saat menggunakan penghemat baterai untuk mengurangi kecerahan layar menjadi 20 persen.

Tingkat kecerahan 20 persen tidak berlaku di setiap skenario seperti di luar ruangan. Kamu dapat melewati opsi ini dan mengatur kecerahan secara manual.

3. Menurunkan kecepatan refresh layar

Ubah 9 Pengaturan Windows ini untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop foto: tangkapan layar

Layar dengan kecepatan refresh tinggi yang tersedia pada laptop kelas menengah dan kelas atas mengkonsumsi lebih banyak daya. Jika masa pakai baterai menjadi prioritas, kamu tidak memerlukan pengalaman visual terbaik yang dapat ditawarkan layar. Lebih baik menurunkan kecepatan refresh dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka menu Mulai, ketik pengaturan tampilan lanjutan, dan tekan Enter.

2. Klik menu tarik-turun di samping Pilih kecepatan refresh dan pilih 60Hz.

Kompromi kecil dalam ketepatan visual ini akan membantu laptop Windows bertahan lebih lama.

4. Mengubah pengaturan layar dan mode tidur

Ubah 9 Pengaturan Windows ini untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop foto: tangkapan layar

Pengaturan layar dan mode tidur dapat membantu menghemat baterai saat tidak menggunakan laptop. Kamu dapat menentukan interval setelah layar mati atau komputer memasuki mode tidur dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Tekan Win + I untuk membuka aplikasi Pengaturan dan menuju ke Sistem > Daya & baterai > Layar dan bagian tidur.

2. Pilih durasi yang sesuai (3 atau 5 menit) untuk opsi Aktifkan daya baterai, dan matikan layar setelahnya.

3. Pilih batas waktu (5 menit atau lebih) untuk opsi Aktif daya baterai, atur perangkat ke mode tidur setelahnya.

5. Nonaktifkan aplikasi startup dan latar belakang

Ubah 9 Pengaturan Windows ini untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop foto: tangkapan layar

Aplikasi startup mengurangi masa pakai baterai karena mulai berjalan saat kamu masuk ke PC. Untuk menonaktifkannya, buka Pengaturan > Aplikasi > Startup. Matikan tombol di samping aplikasi yang tidak kamu perlukan.

Misalnya, kamu dapat menonaktifkan klien game dan aplikasi kolaborasi seperti Microsoft Teams, aplikasi pihak ketiga, dan lain sebagainya. Jangan matikan panel sentuh atau aplikasi tampilan.

Sementara Penghemat Baterai menangani aplikasi latar belakang sampai batas tertentu, Microsoft menyatakan bahwa beberapa aplikasi atau fiturnya terus berjalan di latar belakang. Untuk mematikannya, kamu harus terlebih dahulu mengidentifikasi daya listrik.

Ingat bahwa hanya beberapa aplikasi yang memiliki halaman Opsi Lanjutan yang memungkinkan kamu mengubah izin latar belakang. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya.

1. Ketik Power & battery di kotak pencarian bilah tugas dan tekan Enter.

2. Klik opsi Lihat laporan terperinci.

3. Kemudian, klik ikon elipsis dan pilih Kelola aktivitas latar belakang.

4. Buka bagian Izin aplikasi latar belakang dan pilih opsi Tidak Pernah.

Sekarang, aplikasi tidak akan berjalan di latar belakang, dan kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan apa pun.

(brl/red)