Waspada! Penipuan melalui Google Maps dan begini cara menghindarinya

Waspada! Penipuan melalui Google Maps dan begini cara menghindarinya

Techno.id - Belum lama ini ramai di media sosial mengenai kasus penipuan melalui Google Maps. Sebenarnya kasus serupa juga pernah terjadi tahun lalu, di mana miliaran pengguna Google Maps di seluruh dunia menjadi target utama scammers. Berikut adalah penipuan paling umum di Google Maps dan bagaimana kamu dapat mengidentifikasi dan menghindarinya.

1. Agar terdaftar di Google Maps

Daftar di Google Maps cukup membantu untuk bisnis apa pun. Ini membantu pelanggan menemukan bisnis dan mengetahui kapan dan bagaimana menjangkau mereka. Aktor jahat mengetahui hal ini, dan mereka memanfaatkan ketidakakraban usaha kecil dengan cara kerja Daftar Google Maps.

Jadi para scammer mendekati korban dengan skema membuat mereka terdaftar di Google Maps dan terkadang bahkan mengajukan posisi yang menonjol. Tetapi semua layanan ini hadir dengan label harga. Padahal siapa pun dapat mendaftarkan bisnis di Google Maps secara gratis.

2. Penipuan verifikasi daftar

Penipuan lain yang terkait dengan daftar Google Maps adalah penipuan verifikasi. Dalam modus penipuan ini, penipu menghubungi bisnis dan mengklaim listingan Google Maps mereka tidak diverifikasi atau dikonfirmasi. Penipu akan mengklaim bahwa jika bisnis tidak membayar uang untuk memverifikasinya, daftarnya akan dihapus.

Prospek kehilangan daftar Google Maps mengkhawatirkan bagi bisnis apa pun. Jadi bisnis yang tidak curiga akhirnya membayar penipu. Faktanya, siapa pun dapat memverifikasi daftar Google Maps dalam beberapa langkah dan gratis. Selain itu, Google tidak menghapus listingan bisnis secara acak dari Maps.

3. Kontak bisnis palsu

Agar informasinya tetap akurat dan terbaru, Google Maps memungkinkan penggunanya untuk menyarankan pengeditan pada listingan bisnis. Sayangnya, scammers menggunakan fitur ini dan mengganti detail kontak bisnis dengan informasi palsu. Ketika pengguna Google Maps yang tidak curiga menjangkau informasi kontak palsu, baik nomor telepon atau alamat email, mereka ditipu untuk memberikan informasi pribadi mereka, termasuk detail perbankan, jika bisnis yang mereka hubungi adalah bank. Ada banyak kasus korban malang kehilangan sejumlah besar uang kepada scammers setelah menelepon kontak bisnis palsu.

4. Bisnis palsu

Selain menambahkan detail kontak palsu ke daftar yang sudah ada dan sah, scammers membuat daftar bisnis palsu untuk memikat konsumen yang tidak curiga. Daftar palsu biasanya dibuat untuk bisnis. Jika kamu menemukan listingan bisnis palsu, ada baiknya melaporkannya.

Cara menghindari penipuan Google Maps

Waspada! Penipuan melalui Google Maps dan begini cara menghindarinya foto: freepik/chunghung

Sebagai pengguna Google Maps individu atau pemilik bisnis, kamu dapat menghindari untuk tidak menjadi korban. Begini caranya.

1. Ingat! Google Maps tidak membebankan biaya apap pun

Baik kamu membuat listingan bisnis, memverifikasinya, atau memperbaruinya, Google tidak membebankan biaya apa pun. Jadi, jika kamu menemukan seseorang yang mengaku dari Google dan meminta uang untuk melakukan sesuatu untuk kamu di Google Maps, orang itu adalah penipu.

2. Jangan langsung mempercayai informasi di daftar peta

Meskipun listingan Google Maps adalah cara mudah untuk mendapatkan detail kontak bisnis, yang terbaik adalah mengonfirmasi detail tersebut dari situs web resmi bisnis. Tetapi jika tidak ada situs web, kamu selalu dapat membaca ulasan di daftar itu.

Juga, dalam kasus detail kontak palsu, ada kemungkinan besar orang lain telah meninggalkan komentar tentang itu. Jadi kemalangan orang lain bisa menjadi peringatan. Kamu juga dapat mencari informasi yang sama dari sumber lain di web atau menjangkau pegangan media sosial bisnis.

3. Jangan terburu-buru

Setiap kali kamu merasa ada yang tidak beres, langkah terbaik adalah memikirkan segala sesuatunya. Hal yang sama berlaku dalam kasus Google Maps. Penipu suka menciptakan rasa urgensi. Sebaliknya, ajukan pertanyaan, pikirkan, dan teliti sebelum mengambil langkah.

4. Jangan membagikan informasi pribadi atau perbankan

Jangan pernah membagikan detail pribadi atau informasi perbankan pribadi dengan siapa pun yang baru saja kamu temukan di Google Maps atau web pada umumnya. Jika kamu merasa ada sesuatu yang mencurigakan, hubungi bisnis tersebut melalui saluran resmi.

5. Jangan menelepon nomor yang disebutkan dalam gambar atau komentar

Jika penipu tidak dapat mengedit listingan bisnis untuk menyertakan detail palsu, mereka terpaksa meninggalkan nomor telepon palsu dalam gambar atau komentar atau ulasan tentang iklan tersebut. Seorang pengguna Google Maps pemula mungkin percaya ini adalah nomor resmi, tetapi sebenarnya tidak. Bahkan jika komentar mengatakan bahwa itu adalah nomor resmi, jangan percaya.

Bisnis dapat mengedit listingannya untuk menyertakan nomor telepon yang benar. Mereka tidak harus mencantumkan detail kontak di komentar atau foto.

6. Waspadalah terhadap janji-janji manis

Google tidak akan pernah menelepon kamu menjanjikan penempatan yang menonjol di Google Maps, penelusuran, atau layanan lainnya. Google tidak akan pernah mengenakan biaya apa pun. Jadi kamu dapat mengabaikan panggilan semacam itu.

(brl/red)