Waspada! Penipuan melalui Google Maps dan begini cara menghindarinya

Waspada! Penipuan melalui Google Maps dan begini cara menghindarinya

Wasapada penipuan melalui Google Maps

Tips mendeteksi scam di Google Maps

Waspada! Penipuan melalui Google Maps dan begini cara menghindarinya foto: freepik/airdone

Waspadai pesan, email, atau panggilan telepon dari kontak tidak dikenal yang meminta atau menawarkan transaksi keuangan. Misalnya, seorang scammer menawarkan uang untuk memberi rating atau ulasan pada bisnis di Google Maps yang belum kamu kunjungi.

Setelah scammer tersebut mendapatkan kepercayaan kamu, mereka mungkin akan meminta uang untuk memberi kamu lebih banyak peluang penghasilan yang serupa.

Waspadai orang yang meminta kamu mentransfer uang melalui kartu voucher, voucher, mata uang kripto, dan lain sebagainya, untuk melakukan tindakan di Google Maps atau layanan Google lainnya. Misalnya, seorang scammer meminta kamu membayar mereka agar memberikan ulasan bintang 5 untuk tempat atau bisnis kamu. Jika kamu menolak, scammer tersebut mungkin mengancam akan memberikan ulasan bintang 1 hingga kamu memberikan kompensasi uang kepadanya.

Waspadai orang yang mengklaim mewakili Google atau perusahaan lain, tetapi menghubungi kamu tanpa alamat email perusahaan dan membagikan link ke situs yang mencurigakan.

Misalnya, seorang scammer mengirimkan invoice kepada kamu untuk menggunakan atau mencantumkan bisnis kamu di Google Maps, padahal membuat Profil Bisnis dan mencantumkan bisnis di Google tidak memerlukan biaya alias gratis.

(brl/red)