Windows 11 mendapatkan dukungan hotspot 6GHz, begini cara mencobanya

Windows 11 mendapatkan dukungan hotspot 6GHz, begini cara mencobanya

Techno.id - Selain dukungan Wi-Fi 7 resmi di Windows 11 versi 24H2, yang sekarang tersedia, Microsoft sedang mengerjakan peningkatan terkait jaringan lainnya dalam sistem operasinya. Sekarang tersedia untuk umum. Tetapi kamu dapat mengujinya di salah satu build pratinjau terbaru.

Peningkatan yang dimaksud adalah kemampuan untuk berbagi koneksi internet kamu dengan hotspot 6GHz. Versi Windows 11 yang stabil memungkinkan kamu menggunakan hotspot 5GHz atau 2.4GHz. Dengan koneksi 6GHz yang semakin populer, Microsoft menerapkan kemampuan untuk menggunakan protokol yang lebih modern dengan lebih banyak bandwidth dan lebih sedikit gangguan.

Kemampuan untuk membuat hotspot 6GHz tersedia di Windows 11 build 26120.1912 dan yang lebih baru. Karena secara bertahap diluncurkan ke Windows Insiders, beberapa mungkin tidak memilikinya. Namun, kamu dapat mengaktifkan paksa penambatan 6GHz dengan bantuan aplikasi ViVeTool. Berikut caranya.

Windows 11 mendapatkan dukungan hotspot 6GHz, begini cara mencobanya foto: github

1. Unduh ViveTool dari GitHub (github.com/thebookisclosed/ViVe/releases) dan buka file di folder tempat menyimpannya.

2. Luncurkan Command Prompt sebagai Adminitrator dan arahkan ke folder yang berisi file ViveTool dengan perintah CD. Misalnya, jika kamu telah menempatkan ViveTool di C:Vive, ketik CD C:Vive.

3. Ketik vivetool /enable /id:40466470,48433719 dan tekan Enter.

4. Mulai ulang komputer.

Perlu diingat bahwa tethering 6GHz memerlukan perangkat keras yang kompatibel. Dengan kata lain, komputer kamu harus memiliki kartu jaringan yang kompatibel dengan Wi-Fi 6E. Jika memiliki kartu jaringan Wi-Fi 6, Wi-Fi 5, atau yang lebih lama, Windows 11 hanya akan mengizinkan kamu menggunakan hotspot 5GHz atau 2,4GHz. Microsoft juga memperingatkan bahwa tidak semua kartu jaringan dengan Wi-Fi 6E mendukung hotspot 6GHz.

Jika memiliki kartu jaringan yang kompatibel dengan ID fitur diaktifkan, kamu dapat mengaktifkan tethering 6GHz dengan menuju ke Pengaturan > Jaringan & Internet > Mobile Hotsport > Properti Jaringan dan memilih 6GHz dari drop-down Network Band.

(brl/red)