iPhone 16 Pro dan Pro Max memiliki layar dan tombol kamera yang lebih besar

iPhone 16 Pro dan Pro Max memiliki layar dan tombol kamera yang lebih besar

Techno.id - Apple mengungkapkan perangkat baru iPhone 16 Series di acara It's Glowtime. Dalam acara tersebut Apple meluncurkan empat varian iPhone 16 yakni iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang mewah. Selain itu Apple juga meluncurkan AirPods 4, Apple Watch Series 10, AirPods Max dengan USB-C, Apple Watch Ultra 2 hitam, fitur iOS 18, dan banyak lagi.

Dari sederet perangkat baru yang diperkenalkan, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max menjadi sorotan. Maklum, banyak penggemar produk Apple penasaran dengan kedua varian kelas flagship tersebut. Fitur dan spesifikasi apa yang ditawarkan, termasuk harga yang dibanderol.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

iPhone 16 Pro dan Pro Max memiliki layar dan tombol kamera yang lebih besar foto: apple

Seperti sudah diprediksi, smartphone kelas atas terbaru Apple, iPhone 16 Pro dan Pro Max, lebih besar dan lebih baik dari sebelumnya. Kedua varian ini dibekali prosesor silikon A18 Pro terbaru dan terhebat yang dibuat khusus untuk Apple Intelligence, layar yang lebih besar, dan peningkatan kamera yang signifikan.

Seperti rumor yang selama ini beredar, ponsel cerdas ini memiliki layar 2 inci lebih besar dari generasi sebelumnya. iPhone 16 Pro memiliki layar 6,3 inci baru yang indah, dan iPhone 16 Pro Max memiliki layar 6,9 inci.

Dengan lebar layer tersebut, pengguna memiliki lebih banyak ruang untuk bermain game, menggulir TikTok, atau mengedit video yang diambil dari sensor kamera yang kuat di bagian belakang.

Berbicara tentang kamera, kedua model Pro memiliki peningkatan penting. Sebut saja lensa utama Fusion 48MP dengan sensor QuadPixel generasi kedua dan zero shutter lag.

Pengguna akan menikmati lensa Ultrawide 48MP yang ditingkatkan dan kamera zoom Tetraprism 5x serupa dari iPhone 15 Pro Max. Lebih baik lagi, iPhone 16 Pro bahkan dapat merekam video 4K pada 120fps, yang pertama di iPhone. Format 4K 120FPS memiliki gradasi warna frame-by-frame, kontrol slow-motion, dan banyak lagi.

Perubahan terbesar adalah tombol Kontrol Kamera khusus, yang tersedia di keempat perangkat seri iPhone 16. Di mana iPhone 16 Pro masih memiliki tombol aksi, yang menggantikan sakelar bisu, tetapi sekarang juga memiliki pengontrol kamera kapasitif yang luar biasa keren.

Dengan Kontrol Kamera, satu ketukan jari dapat menyalakan kamera, menggesek untuk memperbesar, atau beralih di antara mode pemotretan, gradasi warna, dan lainnya. Kemudian, pengguna dapat menekan sedikit lebih keras untuk mengambil foto.

Tidak perlu lagi meraba-raba kontrol di layar, memungkinkan pengguna mendapatkan bidikan yang sempurna dengan mudah. Lebih penting lagi, pembaruan perangkat lunak akhir tahun ini akan memungkinkan tombol kapasitif berfungsi ganda sebagai rana dua tahap yang mirip dengan kamera SLR, mendapatkan fokus dan mengambil foto atau merekam video.

Dari sisi performa, Apple membekali chipset Apple A18 Pro 3nm yang baru dirancang yang dibangun dari bawah ke atas untuk iPhone 16 Pro dan Apple Intelligence. Dengan mesin Neural 16-core, Apple menjanjikan kinerja 15% lebih cepat daripada A17 Pro tahun lalu, performa gaming 20% lebih baik, performa AI 10-15% lebih baik, dan ray tracing yang lebih cepat.

Lantas bagaimana dengan fitur kecerdasan buatan (AI)? Apple telah mempersiapkan berbagai fitur AI mulai dari emoji generatif, fitur kamera AI, dan semua hal lain yang nantinya akan disematkan seiring diumumkannya perilisan iOS 18.

Apple juga menambahkan fitur baru yang disebut Kecerdasan Visual. Ini pada dasarnya adalah Google Lens, tetapi menggunakan AI Apple dan kamera. Di mana pengguna dapat mengarahkan ponsel ke sesuatu dan mempelajari semua tentangnyadari restoran, hewan, rambu jalan, acara, dan informasi lainnya.

(brl/red)