iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24, ini perbedaan dan persamaan keduanya

iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24, ini perbedaan dan persamaan keduanya

Techno.id - Saat Apple meluncurkan iPhone 16 Series belum lama ini, banyak orang langsung membandingkannya dengan Samsung Galaxy S24 tahun 2024. Kedua smartphone memiliki keunggulan masing-masing. Berikut perbedaan dan persamaan dari keduanya untuk membantu kamu memutuskan mana yang paling cocok.

1. Desain

iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24, ini perbedaan dan persamaan keduanya foto: apple/samsung

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar smartphone saat ini terlihat sangat mirip. Sekilas, baik Galaxy S24 maupun iPhone 16 adalah ponsel persegi panjang yang membulat dengan takik di bagian atas untuk kamera depan.

Di sisi iPhone, menawarkan casing aluminium yang sama dengan pendahulunya. Muncul dalam lima warna berbeda, termasuk hitam, putih, merah muda, teal, dan ultramarine dengan bobot 172 gram. Namun, ada beberapa peningkatan, ada tombol Action dan tombol Camera Control khusus baru.

Galaxy S24, sebaliknya, memiliki beberapa pilihan warna lagi untuk dipilih, hitam, abu-abu, ungu, kuning, oranye, biru, dan hijau. Seperti iPhone 16, perangkat Samsung dibungkus dengan bingkai aluminium lapis baja. Sebagai standar, Samsung memiliki tombol volume dan tombol samping yang biasa, sebagian besar digunakan untuk daya. Bobotnya 168 gram, jadi sedikit lebih ringan dari iPhone 16. iPhone sedikit lebih tinggi, lebih lebar, dan lebih tebal dibanding Samsung, tetapi perbedaannya sangat kecil sehingga hampir tidak terlihat.

2. Keduanya memiliki layar besar dan cerah

iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24, ini perbedaan dan persamaan keduanya foto: apple/samsung

Ada beberapa perbedaan sederhana antara iPhone 16 dan Samsung Galaxy S24 di atas kertas dalam hal teknologi tampilan. iPhone 16 sedikit lebih besar, tetapi S24 memiliki layar AMOLED 6,2 inci yang lebih besar, dibanding layar OLED 6,1 inci iPhone. Layar AMOLED Samsung dapat menyesuaikan kecepatan refreshnya hingga 120 Hz, sedangkan kecepatan refresh iPhone 16 tetap pada 60 Hz. Berbeda dengan Samsung, iPhone 16 tidak memiliki layar yang selalu aktif.

iPhone 16 memiliki sedikit keunggulan dalam ketajaman piksel, dengan 461 piksel per inci (PPI) dibanding 416 PPI Samsung S24. Namun, layar Galaxy S24 lebih cerah, dengan kecerahan maksimal 2600 nits versus 2000 nits pada iPhone. Kedua ponsel mendukung HDR.

Poin terakhir ini bermuara pada preferensi pribadi. Dynamic Island Apple menggabungkan kamera depan dan sensor Face ID dengan peringatan. Sedangkan Samsung S24 memiliki potongan kecil untuk kamera depan di bagian atas. Dynamic Island mungkin memakan lebih banyak ruang, tetapi berada di area layar yang tidak terlalu berguna di kedua ponsel.

3. Samsung S24 memiliki lensa telefoto

iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24, ini perbedaan dan persamaan keduanya foto: samsung

Baik Samsung dan Apple telah menyediakan fungsionalitas kamera berkualitas profesional di iPhone 16 dan Samsung Galaxy S24. iPhone 16 hadir dengan kamera utama 48MP untuk fotografi standar dan kamera ultrawide 12MP untuk bidikan sudut lebar.

Ada juga kamera depan TrueDepth 12MP yang sama dengan yang disertakan Apple di iPhone 15. Salah satu perubahan yang diperkenalkan Apple adalah tombol Kontrol Kamera baru khusus untuk mengambil jepretan dengan cepat dan mengubah pengaturan kamera.

Pada Samsung Galaxy S24, kamu akan melihat kamera utama 50MP yang sedikit lebih baik dan ultrawide 12MP, bersama dengan kamera telefoto 10MP untuk zoom optik tiga kali lipat. Seperti iPhone 16, ada juga kamera depan 12MP. Di atas kertas, Samsung menyesak maju dengan kamera utama beresolusi lebih tinggi.

4. Samsung memiliki baterai lebih besar tapi pengisian nirkabel lebih lambat

iPhone 16 vs Samsung Galaxy S24, ini perbedaan dan persamaan keduanya foto: samsung

Baterai selalu menjadi kompromi untuk model dasar versus flagship, dan tidak ada perbedaan di sini. Ada lebih banyak hal yang bisa dimiliki dengan iPhone 16 Plus atau Samsung Galaxy S24 Ultra.

S24 hadir dengan baterai 4.000mAh sebagai standar, bersama dengan pengisian kabel 24W dan pengisian nirkabel Qi2 pada 15W. Samsung mengklaim S24 hadir dengan masa pakai baterai hingga 29 jam selama pemutaran video. Seperti dilaporkan Android Police, baterai tersebut mampu bertahan sekitar 8 hingga 10 jam dengan kecerahan adaptif diaktifkan tanpa perlu mengisi daya.

Untuk iPhone 16, Apple mengklaim waktu pemutaran video hingga 22 jam tetapi belum ada data tentang seberapa besar baterainya. Apple memang mengatakan akan mendukung pengisian kabel 25W dengan MagSafe, yang lebih baik daripada S24. Jika kamu menggunakan pengisi daya USB-C 30W, maka akan melihat pengisian daya 50% dalam 30 menit melalui MagSafe.

(brl/red)