Realme 13 Series 5G resmi meluncur di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya

Realme 13 Series 5G resmi meluncur di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya

Techno.id - Realme resmi menghadirkan Realme 13 Series 5G di Indonesia. Smartphone kelas menengah yang terdiri dari dua varian, Realme 13+ 5G dan Realme 13 5G ini menghadirkan performa gaming mulus hingga tingkat turnamen.

Mengusung konsep Performance Beyond Limits, Realme 13+ 5G mampu sajikan kelancaran performa sekaligus visual dengan dukungan 90fps di berbagai judul game mainstream, bahkan hingga 120fps pada game Honor of Kings.

Krisva Angnieszca, Public Relations Lead Realme Indonesia dalam acara peluncuram di Jakarta, Kamis (17/10/2024) mengklaim, lini Number Series Realme ini memiliki performa dan kualitas terbaik di segmen kelas menengah. Sebut saja Realme 13+ 5G yang memiliki tuning khusus untuk gaming tingkat turnamen, sebab menjadi Official Gaming Phone di 2024 Honor of Kings Championship yang membuat Realme 13+ 5G menjadi perangkat yang dipakai selama turnamen berlangsung, kurang lebih 2 minggu.

Realme 13 Series 5G resmi meluncur di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya foto: techno.id/yani andriyansyah

Dari sisi dapur pacu, Realme 13+ 5G dibekali chipset Dimensity 7300 Energy 5G yang powerful. Dengan 4 2.5GHz A78 core dan skor benchmark AnTuTu lebih dari 750.000, chipset dengan proses arsitektur 4nm ini menawarkan peningkatan efisiensi energi sebesar 30% dibanding model sebelumnya. Perangkat ini dibekali RAM dinamis hingga 26GB (12GB + 14GB virtual) dan penyimpanan 256GB.

Saat mengaktifkan GT Mode, sistem secara cerdas akan memaksimalkan performa, memungkinkan gameplay yang lancar pada 90fps di mayoritas judul game populer saat ini dan memberikan pengalaman bermain game yang kompetitif di tingkat turnamen e-Sports.

Untuk mengelola panas, Realme 13+ 5G dilengkapi Sistem Pendingin Uap Stainless Steel. Menggunakan area vapor cooling seluas 6050mm persegi, terbesar di segmennya dan 37% lebih besar dari generasi sebelumnya. Sistem pendingin ini memberikan pengurangan suhu hingga 19 derajat Celcius di area inti, memastikan kinerja puncak yang berkelanjutan.

Realme 13 Series 5G resmi meluncur di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya foto: techno.id/yani andriyansyah

Selain itu, perangkat ini dilengkapi pengisian daya 80W Ultra Charge dan baterai berkapasitas 5000mAh. Hanya dengan pengisian daya selama 5 menit, pengguna dapat menikmati permainan hingga satu jam.

Di sektor tampilan, perangkat dengan bodi tipis 7.69mm dan bobotnya hanya 185g ini memboyong layar AMOLED dengan responsivitas sentuhan yang sangat mulus. Layar 6,67 inci yang luas dan mendukung fitur Pro-XDR, disertai dengan touch sampling rate 1200Hz turbocharged, sehingga gerakan yang paling halus pun dapat dengan mudah ditampilkan.

Tak hanya urusan performa, perangkat ini juga mempertahankan keunggulan fotografi melalui penggunaan sensor Sony LYT-600 50MP, yang disertai OIS untuk meningkatkan kejernihan dan mengurangi blur gerakan. Sensor tersebut memiliki ukuran 1/1.95 inci yang besar dan aperture f/1.8, unggul dalam menangkap gambar mendetail di berbagai kondisi pencahayaan.

Identik dengan seri Plus, realme 13 5G ditenagai chipset MediaTek Dimensity 6300 5G, salah satu chipset dengan skor benchmark AnTuTu terdepan di segmennya yaitu 460.000, memberikan performa terbaik untuk bermain game yang lancar dan penggunaan sehari-hari. Proses arsitektur 6nm yang canggih memastikan efisiensi daya yang optimal, memungkinkan gameplay lebih lancar, waktu loading yang lebih cepat, dan antarmuka pengguna yang bebas lag. Keberadaan GT Mode turut membuka potensi penuh chipset, menghadirkan visual 60fps yang konsisten dalam game.

Realme 13 Series 5G resmi meluncur di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya foto: techno.id/yani andriyansyah

Sementara sistem pendingin uap stainless steel yang inovatif memastikan suhu optimal untuk performa yang berkelanjutan. Sistem pendingin uap stainless steel seluas 2249mm persegi dipasangkan di realme 13 5G.

Teknologi pengisian daya 45W Fast Charging membuat pengguna tidak perlu khawatir pengisian daya yang lama. Baterai realme 13 5G yang berkapasitas 5000 mAh dapat digunakan untuk bermain game maraton, bertahan hingga 7 jam untuk game-game berat seperti Free Fire dan dapat dengan mudah digunakan seharian penuh dengan penggunaan sedang.

Dengan pengisian daya cepat 45W dan 38 lapisan perlindungan keamanan, pengguna dapat mengisi ulang daya dengan cepat dan menikmati performa tanpa khawatir selama bertahun-tahun.

Harga dan ketersediaan

Realme 13+ 5G yang tersedia dalam pilihan warna Victory Gold dan Dark Purple dibanderol dengan harga spesial Rp4.399.000. Sementara Realme 13 5G bisa dimiliki dengan harga spesial Rp3.599.000.

(brl/red)