Instagram temukan fakta unik tentang pengguna Indonesia
Techno.id - Sejak bulan September 2015, Instagram mulai meluncurkan layanan iklannya yakni Instagram Ads di Indonesia. Format iklan Instagram yang telah ditingkatkan serta opsi untuk penargetan dan pembelian mampu membantu pengiklan mencapai hasil yang mereka inginkan mulai dari meningkatkan kesadaran hingga mendorong terjadinya aksi. Di Indonesia, pengiklan di Instagram diantaranya Coca-Cola, Lazada dan Traveloka.
-
Instagram makin penuh dengan iklan, advertiser-nya sudah 200 ribuan! Instagram sudah menerima iklan sejak September tahun lalu.
-
Akademi Instagram, siap bawa bisnis wirausahawan muda naik kelas Kegiatan ini jadi program global yang kali pertama digelar di Indonesia
-
Pergeseran pola, pengguna lebih cerdas gunakan sosial media "Jumlah pengguna sosial media di Indonesia berada di posisi keempat setelah Amerika, India dan Tiongkok."
Berdasarkan data terakhir, hingga saat ini Instagram telah menjangkau 400 juta pengguna aktif secara global. Dari 100 juta pengguna terakhir yang bergabung di Instagram, lebih dari setengahnya tinggal di Asia dan Eropa. Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak dengan 89 persen instagrammers yang berusia 18-34 tahun mengakses Instagram setidaknya seminggu sekali.
Mayoritas pengguna Instagram di Indonesia adalah anak muda, pengguna mobile-first dengan kemampuan finansial yang baik dan memiliki gelar sarjana. Ini merupakan hasil temuan sebuah penelitian yang untuk pertama kalinya mengungkapkan keterkaitan komunitas dengan salah satu platform sosial dengan pertumbuhan pesat dan senantiasa berinteraksi dengan mereka. pengguna aktif per bulannya telah menjadi dua kali lebih besar dari tahun ke tahun per Maret 2015.
"Instagram merupakan kanvas kreativitas bagi komunitas mobile-first Indonesia yang muda dan antusias. Orang datang ke Instagram untuk terinspirasi secara visual dan kami pun senang dapat menawarkan solusi iklan yang menciptakan nilai bagi komunitas dan mendorong hasil bisnis yang berdampak bagi bisnis besar maupun kecil di Indonesia," ujar Paul Webster, Brand Development Lead, Instagram, Asia Pacific.
Sementara itu, berdasarkan data dari TNS tentang pengguna Instagram di Indonesia ditemukan fakta bahwa populasi Instagram di Indonesia didominasi oleh wanita sebanyak 63 persen. Fashion dan teknologi adalah brands yang paling populer di antara para pengguna Instagram di Indonesia dengan jumlah 49 persen juga membeli produk dari brand yang mereka follow serta sebanyak 55 persen mengetahui brand atau produk terbaru dari Instagram.
Selain itu, setelah melihat aktivitas brand di Instagram 43 persen dari responden mengunjungi situs brand dan 31 persen mulai mem-follow akun brand tersebut. Lebih lanjut, kecenderungan masyarakat Indonesia menggunakan Instagram yaitu untuk mencari inspirasi, berbagi pengalaman traveling, serta mencari informasi dan tren terbaru.