Local Market, ambisi baru Facebook di bisnis e-commerce
Techno.id - Facebook kembali membuat terobosan. Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut kabarnya saat ini sedang dalam tahap pengujian fitur terbarunya, Local Market.
Fitur yang menurut sejumlah pengguna sempat muncul di aplikasi Facebook untuk iOS dan aplikasi Facebook Messenger tersebut kabarnya nanti bakal difokuskan untuk memenuhi ambisi Facebook memperluas dominasinya di bisnis e-commerce. Seperti dikutip dari BusinessInsider (30/10/15), fitur tersebut kabarnya bakal memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual barang-barang berdasar kedekatan lokasi.
-
Facebook uji tombol 'buy' di halaman retailer Namun, pihak Facebook belum memastikan kapan produk baru mereka ini akan dirilis.
-
Facebook sediakan fitur segudang untuk dukung bisnis di Indonesia Facebook punya fitur segudang untuk dukung iklim bisnis di Indonesia.
-
Kian multifungsi, Facebook Messenger bakal terintegrasi Apple Pay Jika benar-benar direalisasikan, membeli barang dan jasa bisa dilakukan tanpa harus berpindah halaman Facebook Messenger
Di fitur Local Market nanti, kabarnya pengguna bisa mencari semua barang dari pelbagai macam kategori yang berbeda seperti rumah tangga, olahraga, mainan, buku, produk fashion baik untuk pria maupun wanita, dan masih banyak lainnya. Melalui fitur ini, pengguna juga tak perlu lagi masuk dalam kelompok-kelompok tertentu, seperti For Sale Group atau fitur kelompok dagang yang diluncurkan oleh Facebook awal tahun ini untuk membeli barang dari pasar lokal. Pengguna cukup klik barang yang diinginkan di kolom "Manage to buy" dan barang yang diinginkan bisa segera dibeli langsung ke penjualnya.
Belum diketahui secara pasti kapankah fitur Local Market ini bakal dilepas menjadi fitur atau aplikasi resmi dari Facebook. Namun menurut beberapa pengamat, fitur Local Market ini kemungkinan besar bakal segera dirilis, mengingat rencana untuk membuat fitur e-commerce seperti ini telah digaungkan perusahaan yang bermarkas di Menlo Park tersebut sejak beberapa waktu yang lalu.