Urusan berita, trafik Facebook ternyata lebih tinggi ketimbang Google
Techno.id - Selama ini, Google diyakini sebagai situs terbesar dunia yang dipercaya banyak orang dalam mencari segala informasi. Namun soal berita, tahukah Anda bahwa Facebook ternyata memiliki trafik yang lebih tinggi daripada Google?
Sebagaimana dikutip dari Fortune (18/08), fakta baru tersebut diungkapkan oleh situs analis Parse.ly. Menurut situs tersebut, Facebook telah menyumbang trafik sebesar 43 persen, sedangkan Google hanya menyumbang sebesar 38 persen.
-
Portal video terbesar saat ini, Facebook atau YouTube? Infografis tahun 2015 mengungkapkan jika Facebook telah memutar 4 miliar video tiap harinya, apakah YouTube kalah?
-
Keuntungan Facebook meroket berkat pemasukan iklan mobile yang tinggi Nampaknya, sumber pendapatan Facebook dari iklan mobile ini pun belum akan kering dalam waktu dekat.
-
Aplikasi terfavorit tahun 2015 dipegang oleh Facebook dan Google Perusahaan Facebook dan Google mendominasi jumlah aplikasi smartphone yang paling banyak digunakan oleh user.
Adapun situs berita ternama yang mendapat sumbangan trafik di antaranya seperti Wired, The Atlantic, Reuters, The Daily Telegraph, Mashable, The Next Web, dan Business Insider (jajaran situs dengan trafik pengunjung unik hingga lebih dari satu miliar per bulan).
Menariknya, hal senada juga diungkapkan oleh situs analis lain seperti Chartbeat. "Ketika kami melihat semua situs di jaringan kami, Facebook mendatangkan lalu lintas (trafik) tiga kali lipat lebih banyak daripada Google," ujar Tony Haile selaku CEO ChartBeat.
Andrew Montalenti, CTO Parse.ly pun mengungkapkan, meningkatnya (sumbangan) trafik Facebook diyakini banyak berasal dari program Instant Article yang diperkenalkan awal tahun ini. Sayangnya, sisi kelemahan Facebook yakni enggan membeberkan bagaimana algoritma yang diterapkan.
Di sisi lain, Google dianggap Montalenti masih lebih unggul karena memberi tahu sistem kerja algoritma yang diterapkan. Dengan kata lain, situs-situs berita dapat menyesuaikan dengan algoritma yang diterapkan Google, baik berupa konten yang maksimal atau hasil optimasi situs.