Bukalapak.com dan UMKM sediakan 100 kebutuhan pokok selama Ramadan
Techno.id - Selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran 1436 H dapat dipastikan harga kebutuhan pokok pasti akan selalu meroket. Untuk mengatasi hal tersebut, situs e-commerce Bukalapak.com melayani penjualan lebih dari 100 kebutuhan pokok untuk keperluan Ramadan dan Lebaran.
Seperti dilaporkan oleh Antara (18/6/15), untuk mewujudkan program mulianya ini, Bukalapak.com menggandeng pelaku usaha kecil mikro dan menengah atau UMKM.
-
Bukalapak kantongi Rp 10 miliar transaksi setiap hari selama Ramadan Orang banyak belanja saat sahur
-
Ramadan bawa berkah bagi pelaku bisnis online Sambut Ramadan dan Lebaran 2015, para pelaku bisnis e-commerce bekerja sama adakan Lebaran Belanja Online 2015.
-
CEO BukaLapak buka-bukaan soal sumber pendapatan BukaLapak.com "Kurang lebih, pendapatan BukaLapak didapatkan dari seller-seller yang sudah sukses," terang Zaky.
"Meroketnya harga-harga kebutuhan pokok di pasaran terutama selama bulan Ramadan mendorong kami untuk ikut memberikan solusi agar masyarakat memiliki pilihan harga yang lebih murah dan di sisi lain produk para petani dan usaha kecil bisa dipasarkan dengan baik," kata CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky.
Menurut Zaky, pihaknya berupaya untuk melakukan inovasi dengan melihat kebutuhan pasar juga.
"Kami mengamati kecenderungan yang terjadi memasuki Ramadan biasanya harga-harga kebutuhan pokok melonjak, termasuk bahan-bahan segar seperti berbagai jenis cabai,bawang, beras, minyak goreng, gula pasir, daging sapi segar, dan daging ayam segar," jelasnya.
Bukalapak.com menggandeng Pasar Komoditi Nasional atau Paskomnas untuk menyediakan sayur-sayuran dan buah-buahan berkualitas tinggi dengan harga yang lebih murah. Sementara, untuk penyedia beras, minyak goreng, gula pasir, daging sapi segar, daging ayam segar bekerja sama dengan UMKM.
Zaky menambahkan jika program belanja online khusus untuk kebutuhan pokok ini tidak akan dikenakan biaya pengiriman dan batas minimal pemesanan.
"Sesuai dengan misi kami untuk meningkatkan kualitas UKM di Indonesia, kami menggandeng Paskomnas karena mereka memiliki jangkauan langsung ke tingkat produsen atau petani, sehingga bisa menyediakan sayur-sayuran dan buah-buahan dengan harga murah dan kualitas tinggi," kata Zaky
Hartono WP, Direktur Utama Paskomnas Indonesia menyatakan kerja sama ini bisa membuka akses pemasaran yang lebih luas bagi produk sayur-sayuran dan buah-buahan yang diproduksi oleh petani-petani di seluruh Indonesia.
"Paskomnas Indonesia adalah grup perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan jaringan Pasar Induk, mempunyai visi untuk menciptakan distribusi pendapatan yang adil bagi semua pelaku, mulai dari produsen sampai harga yang wajar di tingkat konsumen," jelas Hartono.
Terakhir, Zaky menegaskan dengan program yang dinamai "Rahmat" ini diharapkan seluruh masyarakat Indonesia semakin terbiasa berbelanja secara "online".