Apple salip Xiaomi di sektor wearable gadget berkat Apple Watch
Techno.id - Meski terhitung sebagai pemain baru di pasar wearable gadget, pesona Apple terlalu menyilaukan untuk ditepis konsumen. Hal ini bisa dilihat dari laporan penjualan wearable gadget pada kuartal kedua secara global yang dirilis International Data Corporation (IDC) (27/08/15).
Menurut IDC, berkat kehadiran Apple Watch, Apple mampu melesat hingga ke posisi dua sebagai produsen wearable gadget dengan penjualan terbanyak sedunia. Perusahaan asal Cupertino itu sanggup menjual sebanyak 3,6 juta unit Apple Watch dengan pangsa pasar mencapai 19,9 persen.
-
Salip Fitbit dan Xiaomi, Apple melejit di pasar smartwatch dunia Apple menuai kesuksesan pada kuartal kedua tahun 2015 dengan pengiriman lebih dari 4,2 juta unit Apple Watch.
-
Apple Watch 50 persen kuasai penjualan smartwatch dunia Smartwatch Android hanya menyumbangkan 10 persen penjualan pada tahun 2015.
-
Apple Watch kuasai 75 persen pasar smartwatch dunia Apple Watch berhasil menguasai 75,5 persen pasar smartwatch global.
Kedigdayaan Apple Watch ini diakui sendiri oleh Jitesh Ubrani, Senior Research Analyst IDC. Ia berkata, "Sekitar dua dari tiga wearable gadget yang terjual di kuartal kedua 2015 ini adalah Apple Watch."
Xiaomi, yang di kuartal sebelumnya menduduki posisi kedua, pun harus rela digusur. Pasalnya, walau penjualan mereka terus meningkat daripada kuartal pertama 2015, tiga bulan terakhir, Xiaomi hanya mampu menjual 3,1 juta unit Mi Band.
Di posisi puncak Fitbit pun belum tergoyahkan, meski Apple berpotensi untuk menggusurnya pula. Sementara Samsung belum bisa meningkatkan penjualan wearable gadget-nya.
Pemaparan selengkapnya terkait laporan dari IDC tentang penjualan werable gadget global pada kuartal kedua 2015 tersaji di tabel berikut:
IDC sendiri pernah memprediksi kalau Apple Watch bakal memimpin era smart wearable gadget. Sebab, smart wearable gadget sudah mendukung aplikasi dari pihak ketiga, tak seperti produk basic wearable gadget yang kemampuannya terbatas.