Tips membangun 'identitas' online yang kuat
Techno.id - Dalam menekuni bisnis online, identitas berupa nama domain yang tepat adalah hal yang penting dilakukan. Tujuannya cukup jelas, yakni membangun brand yang mudah untuk diingat serta 'ramah' search engine.
Di Indonesia sendiri, bisnis online kini tengah berkembang cukup pesat. Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) melaporkan, hingga Juni 2015 lalu, domain yang terdaftar telah mencapai lebih dari 400.000 nama.
-
Dalam 3 bulan, ada 15 juta domain baru lahir Sementara .com masih menjadi domain terpopuler.
-
299 Juta domain terdaftar jadi tolak ukur pertumbuhan internet VeriSign: Jumlah nama domain di internet selama kuartal ketiga 2015 telah bertambah sekitar 3,1 juta
-
Hari ini, domain .com telah menginjak usia 30 tahun Tanpa disadari ternyata domain .com kini telah berusia 30 tahun!
Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa potensi bisnis e-commerce di Indonesia adalah besar. Bahkan, lembaga riset ICD Research memprediksi jika angka tersebut akan terus tumbuh hingga sebesar 42 persen dari tahun 2012 hingga 2015.
Menyikapi hal itu, Verisign Inc. selaku penyedia layanan domain registrar dan web hosting pun berbagi tips bagaimana membangun domain yang tepat agar bisnis online yang dijalankan memiliki prospek yang bagus.
Menurutnya, sebuah nama domain yang baik tidak selalu harus singkat, melainkan juga harus mudah diingat. Verisign Inc. menyebut jika memilih ekstensi domain yang direkomendasikan yaitu .com.
Ya, domain .com saat ini merupakan ekstensi domain yang paling mudah diingat orang. Selain itu, kredibilitas dan pengakuan ekstensi ini juga lebih diakui daripada nama ekstensi lainnya.