10 Peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, ada fitur perlindungan reset pabrik untuk keamanan

10 Peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, ada fitur perlindungan reset pabrik untuk keamanan

Techno.id - Saat ini Android 15 masih dalam tahap pengujian beta. Namun waktu perilisan versi final semakin dekat. Ada beberapa peningkatan yang akan dibawa pada perilisan final tersebut meski tidak terlalu banyak perubahan. Berikut beberapa peningkatan yang akan dibawa pada Android 15.

1. Getaran adaptif

10 Peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, ada fitur perlindungan reset pabrik untuk keamanan foto: freepik

Pernahkah ponsel kamu bergetar dengan keras dan mengejutkan dengan dengungan yang memekakkan telinga? Getaran Adaptif akan membuat masalah tersebut idak terjadi lagi. Fitur ini mengubah intensitas getaran berdasarkan lingkungan untuk membuatnya tidak terlalu menggelegar, sambil tetap terdengar.

Jika perangkat berada di permukaan yang keras, Getaran Adaptif akan secara otomatis mengurangi getaran. Namun, jika ponsel berada di atas bantal, sofa atau sesuatu yang lembut, fitur yang sama akan meningkatkan getaran sehingga kamu masih dapat mendengarnya.

2. Pengarsipan aplikasi manual

10 Peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, ada fitur perlindungan reset pabrik untuk keamanan foto: freepik/user7983342

Jika kamu hampir memaksimalkan ruang penyimpanan ponsel Android, kamu sudah memiliki opsi untuk mengarsipkan aplikasi secara otomatis dari pengaturan Android. Ini akan menghapus aplikasi untuk menghemat ruang, sambil menyimpan semua data pribadi dari aplikasi tersebut di ponsel.

Android akan secara otomatis memilih aplikasi mana yang akan diarsipkan berdasarkan kapan terakhir kali kamu menggunakannya. Dengan Android 15, kamu dapat memilih aplikasi mana yang akan diarsipkan secara manual dan mana yang akan disimpan di ponsel.

3. Google Play Protect yang lebih canggih

10 Peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, ada fitur perlindungan reset pabrik untuk keamanan foto: google

Google Play Protect sudah menjaga ponsel aman dari malware dengan menganalisis perilaku aplikasi di latar belakang untuk mengidentifikasi aplikasi dan trojan horse yang mencurigakan. Dengan Android 15, Google memanfaatkan lebih banyak kekuatan AI untuk meningkatkan layanan ini.

Fitur AI di perangkat ini beroperasi seperti program antivirus lainnya. Fitur ini mendeteksi perilaku yang mencurigakan, dan memberi tahu kamu dan Google. Google Play Protect versi Android 15 akan menyertakan perlindungan tambahan, seperti perlindungan sandi satu kali dan setelan terbatas yang diperluas.

4. Opsi kontras warna

10 Peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, ada fitur perlindungan reset pabrik untuk keamanan foto: freepik/grinvalds

Opsi kontras warna baru dalam pengaturan Wallpaper & Style Android 15 akan memungkinkan kamu menambah atau mengurangi kontras antara warna teks dan latar belakang di ponsel, untuk visibilitas dan keterbacaan yang lebih baik.

Kamu dapat memilih dari Default, Medium, atau High. Opsi ini secara dramatis mengubah tampilan elemen di layar. Kamu juga dapat menambahkan latar belakang hitam atau putih ke blok teks untuk keterbacaan yang lebih baik.

5. Bluetooth otomatis

10 Peningkatan yang bakal hadir pada Android 15, ada fitur perlindungan reset pabrik untuk keamanan foto: freepik/stockforest

Untuk keamanan atau saat melakukan perjalanan, kamu disarankan untuk mematikan Bluetooth. Namun yang terjadi dengan banyak orang, mereka sering lupa menyalakan kembali Bluetooth. Kemudian, ketika kamu mencoba menyambungkan aksesori Bluetooth lagi, aksesori tersebut tidak dapat terhubung.

Dengan Android 15, kamu akan dapat memilih untuk Nyalakan Lagi Secara Otomatis Besok saat menonaktifkan Bluetooth. Ini adalah opsi sempurna ketika kamu hanya perlu menonaktifkan Bluetooth sementara, untuk penerbangan atau alasan lain.

(brl/red)