10 Penyebab pengisi daya smartphone mudah panas, jangan pakai adaptor palsu

10 Penyebab pengisi daya smartphone mudah panas, jangan pakai adaptor palsu

Penyebab adaptor cepat panas

6. Ketidakcocokan

10 Penyebab pengisi daya smartphone mudah panas, jangan pakai adaptor palsu foto: freepik/gutaper

Ketidakcocokan terjadi ketika input pengisian daya perangkat kamu kurang dari output pengisi daya atau sebaliknya. Energi digunakan untuk mengisi daya perangkat, dan sisanya diubah menjadi panas. Baik baterai perangkat kamu atau pengisian daya akan menjadi panas dalam kasus ini.

7. Kotoran atau penyumbatan pada sambungan

10 Penyebab pengisi daya smartphone mudah panas, jangan pakai adaptor palsu foto: freepik/wirestock

Seiring berjalannya waktu, debu dan kotoran akan menumpuk di adaptor, yang mengakibatkan penyumbatan dan aliran listrik yang tidak lancar melalui kabel. Hal ini dapat menyebabkan masalah pemanasan pada sebagian perangkat. Jika kamu ingin menghindari hal ini, bersihkan port pengisian daya dan pin perangkat kamu secara teratur.

8. Masalah perangkat

10 Penyebab pengisi daya smartphone mudah panas, jangan pakai adaptor palsu foto: freepik/rawpixel

Ketika perangkat menjadi tua, dapat menyebabkan banyak masalah. Salah satunya mudah menimpulkan panas. Kondisi tersebut disebabkan baterai perangkat tidak lagi bisa mengisi daya secara optimal. Aliran energi terganggu sehingga berdampak menimbulkan panas pada pengisi daya.

9. Masalah voltase

10 Penyebab pengisi daya smartphone mudah panas, jangan pakai adaptor palsu foto: freepik

Fluktuasi voltase dapat mengubah suhu pengisi daya. Apabila terjadi perubahan voltase secara tiba-tiba, hal ini menurunkan performa perangkat dan menyebabkan ketidakstabilan.

10. Pengisi daya KW alias palsu

10 Penyebab pengisi daya smartphone mudah panas, jangan pakai adaptor palsu foto: freepik/user3802032

Pengisi daya murah atau palsu dibuat dengan menggunakan bahan murah seperti aluminium. Sekadar informasi, aluminium menghantarkan listrik lebih sedikit daripada kabel tembaga dan 30% lebih murah. Bahan yang kurang berkualitas dapat mengakibatkan kinerja adaptor terganggu sehingga menimbulkan panas.

(brl/red)