3 Fitur iPhone 16 Pro ini bisa membuat pengguna beralih dari perangkat lama  

3 Fitur iPhone 16 Pro ini bisa membuat pengguna beralih dari perangkat lama  

Techno.id - iPhone 16 Pro yang diumumkan di acara Its Glowtime Apple disebut-sebut membawa tingkat polesan lain ke iPhone andalan. Setidaknya, perangkat baru ini menawarkan fitur yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Tak heran jika iPhone 16 Pro bisa mengubah persepsi pengguna yang ingin beralih dari iPhone 15 Pro untuk meningkatkan pengalaman mereka. Berikut tiga fitur andalan iPhone 16 Pro yang bisa menjadi pilihan pengguna.

1. Sistem kamera pro yang ditingkatkan

3 Fitur iPhone 16 Pro ini bisa membuat pengguna beralih dari perangkat lama foto: apple

Peningkatan kamera menjadi salah satu fitur yang diumumkan Apple di acara peluncuran iPhone 16 Series. Bagi banyak orang, perubahan yang paling mencolok adalah kamera ultra lebar 48MP baru dengan tonjolan dari sensor 12MP yang sudah ada sejak seri iPhone 11. Peningkatan ini menjanjikan lebih banyak detail berkat resolusi yang lebih tinggi.

Ada juga peningkatan pada kamera lebar dan telefoto, meskipun yang terakhir khusus untuk iPhone 16 Pro. Menurut Apple, kamera Fusion 48MP memiliki sensor baru yang memungkinkan gambar yang lebih detail dan perekaman video yang lebih baik (video 4K hingga 120FPS). Ini akan menjadi peningkatan yang nyata jika kamu seorang kreator.

Sedangkan untuk lensa telefoto, iPhone 16 Pro 6,3 inci yang lebih kecil sekarang memiliki kamera telefoto 12MP 5x yang sama dengan iPhone 16 Pro Max, memberi kamu jangkauan zoom yang lebih baik saat memotret gambar. Ini adalah peningkatan yang cukup signifikan.

Ada juga prosesor sinyal gambar baru yang dibangun ke dalam chip A18 Pro dan susunan empat mikrofon yang ditingkatkan untuk merekam audio eksternal dengan detail yang lebih baik.

2. Peningkatan keserbagunaan dengan kontrol kamera

3 Fitur iPhone 16 Pro ini bisa membuat pengguna beralih dari perangkat lama foto: apple

iPhone 16 Pro dibekali tombol Kontrol Kamera baru untuk meningkatkan pengalaman pemotretan dengan iPhone. Tombol kapasitif baru ini memungkinkan tiga jenis interaksi, penekanan fisik penuh, penekanan semu pendekdi mana umpan balik diberikan motor hapticdan tindakan gesek.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengambil foto, mengganti lensa, memperbesar atau memperkecil, dan banyak lagi. Sekilas, fitur ini menghilangkan kebutuhan untuk mengetuk layar, sesuatu yang sering menyebabkan momen gambar yang sempurna itu hilang.

Tombol Kontrol Kamera juga memungkinkan penggunaan kecerdasan visual yang mulus, fitur ala Google Lens di mana pengguna dapat dengan cepat menarik hasil dan membuat tindakan dengan memindai lingkungan sekitar. Kecerdasan visual bukanlah bagian dari banyak fitur AI yang diumumkan Apple di WWDC 2024, tetapi ini adalah tambahan yang disambut baik.

3. Baterai lebih besar dan pengisian nirkabel lebih cepat

3 Fitur iPhone 16 Pro ini bisa membuat pengguna beralih dari perangkat lama foto: apple

Terakhir dalam daftar adalah masa pakai baterai yang ditingkatkan dan dukungan untuk pengisian nirkabel yang lebih cepat. Meskipun kita harus menunggu pembongkaran untuk mempelajari peningkatan kapasitas baterai, metrik pemutaran video Apple memberi tahu bahwa iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan bertahan empat jam lebih lama dari pendahulunya.

Ini adalah peningkatan yang disambut baik, seperti pengisian daya nirkabel 25W dengan aksesori MagSafe dan pengisian daya nirkabel 15W dengan perangkat keras bersertifikat Qi2. Secara keseluruhan, meskipun perubahan ini tidak inovatif, mereka menambahkan lapisan polesan lain dibanding model iPhone 15 Pro.

(brl/red)