4 Alasan mengapa kamu harus mematikan komputer setelah digunakan dan mencabut kabel listriknya

4 Alasan mengapa kamu harus mematikan komputer setelah digunakan dan mencabut kabel listriknya

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang punya kebiasaan tetap menghidupkan komputer semalaman atau mengaktifkan mode tidur. Kebiasaan seperti itu ternyata bisa berdampak buruk, bukan hanya pada perangkat komputer tetapi juga data pribadi kamu lho. Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan untuk mematikannya dan mencabut kabel sumber daya listriknya.

1. Dapat menghemat daya

4 Alasan mengapa kamu harus mematikan komputer setelah digunakan dan mencabut kabel listriknya foto: freepik/jcomp

Meskipun komputer kamu mungkin tidak menggunakan banyak daya dalam mode tidur, atau idle semalaman, menggunakan nol watt akan selalu lebih murah daripada menggunakan beberapa watt. Artinya dengan tetap menyolokkan komputer ke sumber listrik, tetap aka nada arus yang masuk meski dalam posisi mode tidur. Itu artinya akan membebani biaya listrik. Selain itu, jangan lupa bahwa ada potensi dampak lingkungan untuk setiap watt yang dikonsumsi.

2. Mencegah pembaruan yang merusak PC

4 Alasan mengapa kamu harus mematikan komputer setelah digunakan dan mencabut kabel listriknya foto: freepik/rawpixel.com

Komputer yang tetap aktif meski dalam posisi mode tidur atau idle, bisa mengalami beberapa masalah karena pembaruan yang salah. Mungkin ini tidak selalu masalah besar seperti pemadaman Crowdstrike, tetapi bug kecil dapat merusak produktivitas kamu sepanjang hari.

Jika kamu hanya menyalakan komputer saat tiba waktunya untuk mulai menggunakannya, ada kemungkinan besar kamu akan mengetahui apakah ada yang tidak beres dengan pembaruan sebelum menghidupkan kembali komputer.

3. Rentan terhadap peretasan

4 Alasan mengapa kamu harus mematikan komputer setelah digunakan dan mencabut kabel listriknya foto: freepik/andreypopov

Komputer yang tidak memiliki daya tidak dapat diretas. Dengan mematikan komputer saat kamu tidak menggunakannya dapat meminimalisir peluang masuknya aksi kejahatan siber.

4. Dapat mengurangi keausan pada komponen

4 Alasan mengapa kamu harus mematikan komputer setelah digunakan dan mencabut kabel listriknya foto: freepik

Komponen komputer memiliki masa pakai yang terbatas, dan setiap jam komputer kamu berjalan membutuhkan waktu berjam-jam. Jika komputer kamu masih menggunakan hard drive mekanis untuk drive utama, maka akan bermasalah jika harus terus aktif karena masih ada sumber daya yang terhubung. Bagian motor dalam hard drive yang terus berputar akan mudah aus. Kini mungkin masalah tersebut bisa teratasi karena sebagian besar komputer sudah menggunakan SSD, sehingga menghilangkan jenis keausan ini.

Jika komputer kamu menggunakan pendingin cair, pompa akan mudah aus saat digunakan. Hal ini juga berlaku untuk kipas apa pun yang berjalan di sistem. Secara teknis, elektronik seperti sirkuit terpadu juga menurun dari waktu ke waktu saat daya terus mengalir melaluinya. Perlu dicatat, ada beberapa komponen di komputer yang memiliki masa pakai yang lebih pendek.

(brl/red)