4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru

4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru

Techno.id - Facebook baru-baru ini mengumumkan visinya menuju era baru yang berfokus pada pembangunan media sosial generasi berikutnya bagi pengguna dewasa muda dan pengembangan kemampuan kecerdasan buatan (AI) yang lebih canggih. Fokus ini sejalan dengan visinya sebagai tempat bagi orang-orang untuk melakukan social discovery, baik dalam skala besar maupun kecil.

Visi era ini tidak hanya melibatkan pemenuhan kebutuhan dan preferensi unik dari pengguna dewasa muda, tetapi juga bertujuan meningkatkan kemampuan produk inovatif berbasis teknologi AI. Selain itu, platform Facebook yang bersifat sosial membantu pengguna menemukan berbagai hal. Seiring dengan perubahan cara orang-orang melakukan eksplorasi, Facebook pun mengembangkan produk-produknya agar sesuai dengan perubahan tersebut.

VP of Facebook Meta Tom Alison mengatakan, ketika memikirkan visi untuk 20 tahun ke depan, Facebook berfokus pada pembangunan media sosial generasi berikutnya untuk pengguna dewasa muda dan memusatkan upaya pengembangan kemampuan produk baru yang dimungkinkan oleh AI.

Peningkatan fokus pada pengguna dewasa muda

4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru foto: freepik/wichayada

Pengguna dewasa muda kerap mengalami transisi besar dalam hidupnya, mulai dari pindah rumah, kuliah, hingga mendapatkan pekerjaan atau apartemen pertama. Facebook selalu hadir untuk membantu mereka melewati proses transisi tersebut, baik untuk tergabung dalam grup berisi pengguna lain dengan hobi yang sama, mengeksplorasi minat mereka melalui berbagai fitur seperti Reels atau menemukan konten kreator yang inspiratif. Dalam upaya membangun generasi konsumen media sosial berikutnya, Facebook membuat berbagai perubahan signifikan berdasarkan perilaku pengguna muda.

Berikut 4 perubahan yang dilakukan Facebook untuk memberikan pengalaman yang lebih seamless bagi pengguna dewasa muda.

1. Memperluas kemampuan AI

4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru foto: creators.facebook.com

Facebook melakukan pembaruan terhadap fitur Reels dan Feed agar dapat memberikan rekomendasi lebih efektif. Facebook menciptakan arsitektur model baru yang mampu memproses data dalam jumlah besar dengan sangat efisien serta mendorong peningkatan signifikan dalam uji coba Facebook Reels.

Selama sekitar satu tahun ke depan, teknologi rekomendasi canggih ini akan mendukung lebih banyak produk, termasuk seluruh ekosistem video dan rekomendasi Feed dalam platform. Membangun salah satu model terbuka terbaik untuk AI generatif melalui model Llama juga menjadi salah satu rencana Facebookdengan Facebook targetkan memiliki teknologi rekomendasi terbaik di dunia pada akhir tahun 2026.

2. Peningkatan pada Video

4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru foto: about.fb.com

Facebook membuat pengalaman menjelajah dan terhubung menggunakan video yang sesuai dengan minat pengguna menjadi lebih mudah, baik itu untuk mengeksplorasi Reel, video berdurasi lebih panjang, atau konten Live. Jumlah konten video terus berkembang di seluruh platform Facebook.

Bahkan, tingkat konsumsi pengguna terkait konten video di Facebook dan Instagram kini mencapai lebih dari 60% dari total waktu aktivitas digital mereka. Reels tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan ini. Facebook telah melakukan penyempurnaan terhadap video, termasuk dengan menghadirkan pemutar video layar penuh yang telah diperbarui dan fitur slider untuk melewati video dengan durasi lebih panjang. Pemutar video ini sekarang tersedia secara global.

Facebook mencatat adanya peningkatan dalam berbagi video secara pribadidengan pertumbuhan lebih dari 80% year-on-year. Pengguna kini dapat mengirimkan video dengan cepat kepada teman dan keluarga, baik di Facebook maupun di platform lain seperti WhatsApp.

3. Peluang bagi kreator

4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru foto: creators.facebook.com

Facebook memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk menjadi kreator dan mendapatkan penghasilan di platform tersebut. Facebook memperkenalkan produk yang disederhanakan, yaitu Mode Profesional yang dirancang bagi orang-orang yang ingin membagikan kegiatannya secara publik dan meningkatkan jumlah pengikut.

Produk ini telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna aktif harian dalam waktu 18 bulan. Facebook juga telah mengembangkan Model Pembayaran untuk membayar kreator berdasarkan performa konten mereka di platform, menyederhanakan cara kreator mendapatkan penghasilan dan memperluas peluang monetisasi ke semua format, baik itu foto, video, maupun teks.

4. Grup Facebook

4 Perubahan Facebook, dari AI hingga media sosial generasi baru foto: freepik

Facebook melihat adanya perkembangan yang pesat pada Grup, lebih dari 1,8 miliar pengguna aktif di Grup Facebook setiap bulannya. Semakin banyak pengguna dewasa muda aktif di Grup, terlebih dengan hadirnya pilihan mengunggah secara anonim yang mereka gemari.

Facebook dibuat untuk memenuhi apa yang diinginkan pengguna dewasa muda di media sosial, yaitu social discovery yang dapat membuka dunia mereka, baik dalam skala besar maupun kecil. Facebook melakukannya dengan komunitas besar, terdiri dari orang-orang yang memiliki minat serupa, fitur-fitur unik untuk membantu pengguna mengambil tindakan terhadap hal-hal yang mereka temukan, dan beberapa teknologi AI terbaik di dunia.

(brl/red)