4 Risiko yang harus kamu hadapi ketika mempertahankan masa pakai smartphone terlalu lama

4 Risiko yang harus kamu hadapi ketika mempertahankan masa pakai smartphone terlalu lama

Risiko menggunakan ponsel lawas

3. Perangkat keras yang sudah ketinggalan zaman

4 Risiko yang harus kamu hadapi ketika mempertahankan masa pakai smartphone terlalu lama foto: freepik/fxquadro

Perangkat keras ponsel menjadi usang dan ketinggalan zaman tergantung pada beberapa faktor. Apakah kamu menggunakan ponsel untuk bermain game seluler atau untuk penggunaan biasa? Apakah ponsel kamu merupakan model kelas atas atau kelas bawah? Apakah kamu membelinya dari baru atau bekas?

Jika kamu hanya menggunakan ponsel untuk aplikasi biasa, seperti menjelajah web, sesekali bermain game, menonton film, dan lainnya, perangkat keras ponsel akan tetap berguna hingga 3 tahun. Setelah itu, aplikasi kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat, dan pengalamannya tidak akan secepat dulu.

Jika kamu adalah seorang gamer selular, pasti perlu mengganti ponsel dalam waktu 1,5-2,5 tahun setelah digunakan. Hal ini karena game selular memanfaatkan lebih banyak sumber daya dari perangkat keras ponsel, dan ketika game dan pembaruan baru dirilis yang memanfaatkan perangkat keras baru, perangkat keras saat ini mungkin tidak lagi didukung atau memberikan kinerja yang lambat.

Mengenai model ponsel, jika kamu membeli ponsel kelas bawah atau bekas yang sudah ketinggalan zaman, tidak didukung produsen, kamu mungkin hanya memiliki sisa waktu penggunaan 1-2 tahun sebelum perangkat kerasnya tidak lagi kompeten untuk menangani aplikasi modern.

4. Sistem operasi usang

4 Risiko yang harus kamu hadapi ketika mempertahankan masa pakai smartphone terlalu lama foto: freepik/grinvalds

Ini berhubungan dengan perangkat keras yang sudah ketinggalan zaman. Ada saatnya perangkat keras di ponsel tidak lagi mampu menjalankan versi terbaru dari sistem operasi yang kamu gunakan.

Karena itu produsen menghentikan dukungan atau pembaruan setelah beberapa tahun dirilis sehingga perangkat keras tidak mampu menangani versi baru.

Tetapi pada dasarnya, sebagian besar ponsel Android akan menerima pembaruan sistem dan keamanan baru selama 2-3 tahun. Perangkat Apple biasanya didukung untuk jangka waktu yang lebih lama, biasanya antara 5-7 tahun.

(brl/red)