5 Alasan kamu harus menghindari penggunaan pengelola kata sandi bawaan browser

5 Alasan kamu harus menghindari penggunaan pengelola kata sandi bawaan browser

Techno.id - Hampir setiap browser memiliki pengelola kata sandi bawaan. Bagia Sebagian pengguna fitur tersebut nyaman sehingga banyak yang tidak terlalu memikirkan dampaknya. Namun sebaiknya kamu menghindari menggunakan pengelola kata sandi browser. Berikut lima alasan mengapa kamu harus menghindarinya.

1. Tidak seaman pengelola kata sandi khusus

5 Alasan kamu harus menghindari penggunaan pengelola kata sandi bawaan browser foto: freepik/thapana_studio

Menyimpan kata sandi di browser, bahkan dengan semua enkripsi, bukanlah ide terbaik. Jika kamu, misalnya, berbagi perangkat dengan seseorang atau perangkat kamu jatuh ke tangan yang salah, mereka dapat mengakses kredensial ini.

Fakta sederhananya adalah bahwa sebagian besar browser tidak memiliki mekanisme keamanan seperti autentikasi multi-faktor untuk melindungi kredensial yang kamu simpan. Selama seseorang memiliki akses ke perangkat, mereka dapat melihat kredensial yang disimpan.

Selain itu, meskipun browser menyimpan kredensial dengan aman, mereka lebih rentan terhadap serangan malware melalui JavaScript. Jika kamu lebih suka meng-hosting kata sandi sendiri, pengelola kata sandi berbasis browser tidak mengizinkan kamu melakukannya.

Sebaliknya, pengelola kata sandi mandiri menawarkan keamanan lebih, seperti autentikasi multifaktor dan kemampuan untuk mengunci data kamu secara otomatis, segera atau setelah jangka waktu tertentu. Beberapa juga memberi kamu kebebasan untuk meng-host kredensial sendiri. Misalnya, kamu dapat meng-host sendiri pengelola kata sandi Bitwarden.

2. Jangan berikan isi otomatis di luar browser

5 Alasan kamu harus menghindari penggunaan pengelola kata sandi bawaan browser foto: freepik

Keterbatasan signifikan lainnya dari pengelola kata sandi berbasis browser adalah tidak berfungsi di luar browser. Kamu hanya bisa mendapatkan pengisian otomatis saat mengakses layanan favorit di dalam browser.

Jika kamu perlu masuk ke aplikasi seperti Instagram atau Facebook, maka harus terlebih dahulu mengakses kredensial di browser, lalu menyalin dan menempelkannya ke halaman login aplikasi. Cara ini tentu tidak nyaman.

Lebih buruk lagi, menyalin kredensial login bukanlah ide yang baik karena beberapa aplikasi di perangkat dapat mengakses konten clipboard. Jika ada aplikasi berbahaya di perangkat kamu, aplikasi tersebut dapat mencuri kredensial kamu.

3. Hanya dapat menyimpan kata sandi

5 Alasan kamu harus menghindari penggunaan pengelola kata sandi bawaan browser foto: freepik/user16766420

Pengelola kata sandi berbasis browser membatasi kamu untuk hanya menyimpan kata sandi. Sebaliknya, pengelola kata sandi terbaik memungkinkan kamu menyimpan segala jenis data rahasia. Jika kamu menggunakan Bitwarden sebagai pengelola kata sandi utama, platform ini menawarkan lebih dari sekadar brankas untuk menyimpan kata sandi. Platform ini memungkinkan kamu untuk menyimpan kartu kredit dan detail identitas informasi pribadi seperti nama, alamat, dan lainnya untuk mengisi formulir online dengan cepat.

Pengelola kata sandi seperti Bitwarden juga memungkinkan kamu menyimpan catatan aman, yang berguna untuk menyimpan kredensial yang bukan kata sandiseperti kunci API, kode pemulihan, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu dapat menambahkan catatan khusus seperti kode pemulihan autentikasi dua faktor, lampiran, dan bidang khusus untuk setiap kata sandi yang disimpan. Beberapa browser memungkinkan kamu menyimpan alamat dan kartu pembayaran. Namun, kamu tidak akan mendapatkan rangkaian fitur lengkap yang disediakan pengelola kata sandi khusus.

4. Batasan lintas platform

5 Alasan kamu harus menghindari penggunaan pengelola kata sandi bawaan browser foto: freepik/chatchanan366

Pengelola kata sandi browser mengikat kamu ke browser tertentu. Jika beralih ke browser lain, kamu harus mengimpor semua kata sandi atau melalui kerumitan menyalin dan menempel.

Jika kamu menggunakan Chrome, Firefox, dan Safari, maka tidak dapat menggunakan salah satu dari browser tersebut untuk menyimpan kata sandi. Jika kamu menyimpan kata sandi di satu browser, maka harus memperbarui kata sandi di ketiganya setiap kali mengubah kata sandi.

Keterbatasan lainnya adalah meskipun kamu dapat mengakses kata sandi dengan masuk ke akun kamu, misalnya, akun Google untuk kata sandi Chrome, di browser apa pun, kamu akan kehilangan kenyamanan pengisian otomatis. Hal ini dapat membuat peralihan browser menjadi sulit.

5. Fitur terbatas

5 Alasan kamu harus menghindari penggunaan pengelola kata sandi bawaan browser foto: freepik/user7814140

Alasan lain menghindari pengelola kata sandi browser karena memiliki fitur yang terbatas. Baik menggunakan Firefox, Safari, Chrome, atau browser lain dengan pengelola kata sandi, fungsionalitas yang tersedia sangat terbatas dibanding pengelola kata sandi mandiri.

Pertama, beberapa pengelola kata sandi mandiri memungkinkan kamu membagikan kata sandi dengan aman menggunakan fitur berbagi bawaan atau dengan memiliki brankas bersama. Karena beberapa layanan streaming masih mengizinkan berbagi kata sandi, ini adalah fitur yang berguna. Pengelola kata sandi mandiri juga memiliki paket keluarga, memungkinkan semua anggota memiliki brankas kata sandi pribadi dan brankas bersama untuk layanan keluarga.

Beberapa pengelola kata sandi seperti Proton Pass memiliki fitur alias email bawaan yang memungkinkan kamu menyembunyikan email yang sebenarnya saat mendaftar ke akun online. Ini hanya contoh, pengelola kata sandi yang berbeda memiliki berbagai fitur tambahan seperti autentikator terintegrasi, penyesuaian kata sandi yang dihasilkan, dan banyak lagi.

(brl/red)