5 Alasan mengapa Apple Intelligence diklaim dapat mengalahkan Copilot+

5 Alasan mengapa Apple Intelligence diklaim dapat mengalahkan Copilot+

Techno.id - Apple memiliki misi khusus untuk membuat perangkat mereka, seperti MacBook, iPhone, iPad menjadi terbaik. Di acara WWDC 2024, Apple memperkenalkan Apple Intelligence, serangkaian fitur AI yang menjanjikan untuk meningkatkan pengalaman di dalam iPhone, iPad, dan MacBook.

Bahkan Apple Intelligence (AI)--untuk menyebut Artificial Intelligence (AI)--sendiri Apple,diklaim bisa menjadi pesaing atau dapat mengalahkan Copilot+, terlebih setelah muncul mimpi buruk privasi Microsoft baru-baru ini terkait fitur Recall yang menjadi perhatian banyak pengguna. Karena itu, Apple Intelligence diklaim bisa mengalahkan Copilot+. Ini alasannya.

1. Rekam jejak Apple Silicon

5 Alasan mengapa Apple Intelligence diklaim dapat mengalahkan Copilot+ foto: apple

Pada tahun 2023, Apple menyelesaikan transisi Mac-nya dari Intel ke Apple Silicon. Setiap Mac baru-baru ini dari sekitar empat tahun terakhir sekarang menjalankan chip seri-M, dan platformnya telah banyak berkembang.

Sekarang MacBook memiliki masa pakai baterai dan kinerja yang luar biasa pada mesin ringkas seperti MacMini, dan ekosistem aplikasi profesional yang terus berkembang yang dioptimalkan untuk Silikon Apple.

Sementara PC Copilot+ baru diluncurkan bersamaan dengan chip Seri Snapdragon X yang ditingkatkan. Seperti apa masa pakai baterai nantinya? Akankah emulator Prism Microsoft bertahan dalam emulasi x86 dibandingkan dengan Rosetta Apple? Apakah fitur Copilot+ baru akan berguna? Ini semua adalah pertanyaan yang belum bisa dijawab saat ini.

Nah mengingat saat ini Apple Silicon menjadi platform yang matang, karena itu perangkat Apple diklaim tetap efisien dan bertenaga bahkan dengan semua fitur AI di perangkat. Sedangkan untuk PC Copilot+ belum terlihat kemampuan tersebut.

2. Tidak perlu perangkat keras baru untuk Apple Intelligence

5 Alasan mengapa Apple Intelligence diklaim dapat mengalahkan Copilot+ foto: apple

Microsoft Copilot + menjanjikan banyak fitur baru yang hebat dan pengalaman Windows yang lebih cerdas, tetapi juga menuntut perangkat keras baru. Untuk menjalankan Copilot+, OEM harus memiliki NPU (Neural Processing Unit) yang mampu melakukan 40 TOPS (triliun operasi per detik).

Untuk saat ini, platform Snapdragon X adalah satu-satunya yang mendukung persyaratan ini. Intel dan AMD juga menyiapkan prosesor x86 dengan NPU yang mumpuni untuk Copilot+, tetapi Microsoft tidak akan mendukung Intel atau AMD saat peluncuran.

Sementara Apple Intelligence bisa berjalan di Mac mana pun yang memiliki RAM 8 giga dan chip M1 (atau lebih baru). iPhone apa pun dengan chip A17 Pro juga didukung, tetapi itu hanya mencakup 15 Pro dan Pro Max untuk saat ini. Setidaknya Apple Intelligence akan bisa berjalan di M1 MacBook Air, laptop yang sudah berusia empat tahun.

Sementara jika kamu baru saja membeli laptop atau PC Windows sebelum 18 Juni (tanggal rilis untuk Copilot+ PC), itu tidak akan mendukung rangkaian AI baru Microsoft. Sebaliknya Apple mendukung lebih banyak perangkat yang mencakup iPad, iPhone, MacBook, desktop ringkas (Mac Studio dan Mac Mini), dan desktop yang lebih besar (iMac dan Mac Pro).

3. Apple Intelligence memiliki lebih banyak fitur

5 Alasan mengapa Apple Intelligence diklaim dapat mengalahkan Copilot+ foto: apple

Microsoft telah memasarkan Copilot+ untuk waktu yang lama. Namun Apple datang dan langsung mencuri perhatian semua orang dengan Apple Intelligence-nya. Dengan Apple Intelligence, kamu dapat menggunakan ChatGPT di perangkat tanpa akun, mengoreksi dan menulis ulang teks dengan alat tulis, menggunakan konteks pribadi dengan Siri, dan merencanakan hari dengan mengambil informasi dari kalender.

Ini bukan hanya tentang fitur-fiturnya, tetapi seberapa dalam mereka terintegrasi dengan ekosistem Apple. Misalnya, alat tulis AI akan bekerja dengan cara yang sama di hampir setiap program, terlepas dari apakah itu aplikasi Apple asli atau aplikasi pihak ketiga. Siri juga akan memiliki integrasi yang mendalam dengan semua aplikasi dan perangkat. Artinya Siri dapat memindahkan informasi ke seluruh perangkat dengan mulus.

Bukan berarti Copilot+ tidak memiliki banyak fitur menarik. Ada fitur seperti Teks Langsung, Resolusi Super Otomatis, dan Peredupan Adaptif akan sangat berguna. Sayangnya, fitur terbaik, Recall, telah ditarik kembali.

4. Ekosistem yang lebih matang

5 Alasan mengapa Apple Intelligence diklaim dapat mengalahkan Copilot+ foto: apple

Ekosistem Apple terkenal dengan koleksi produk dan fiturnya yang sangat ketat. Apple telah menjalankan filosofi it just works sejak lama, dan itu selalu membuahkan hasil. Paritas fitur selalu menjadi sorotan dengan produk Apple, dan layanan seperti iMessage, FaceTime, dan AirDrop adalah buktinya. Bagaimana rangkaian Apple Intelligence akan hadir di MacBook, iPhone, dan iPad. Inilah yang membuat Microsoft sulit bersaing.

Contoh Apple Intelligence bisa bekerja berkat ekosistemnya. Bayangkan kamu sedang meneliti suatu topik di iPhone menggunakan Safari. Berkat Apple Intelligence, kamu dapat menggunakan fitur Ringkasan cerdas baru untuk menghasilkan ringkasan singkat dari teks yang disorot. Dengan Handoff, kamu dapat memindahkan teks ringkasan ini dan artikel asli dengan mulus ke MacBook. Sementara di PC Copilot+, tidak ada paritas fitur seperti itu karena Microsoft tidak lagi memiliki OS untuk ponsel.

5. Privasi, keamanan, dan kepercayaan

5 Alasan mengapa Apple Intelligence diklaim dapat mengalahkan Copilot+ foto: apple

Agar asisten AI benar-benar membantu, diperlukan akses ke berbagai data pribadi. Ini termasuk kontak, foto, dokumen, dan file lainnya. Fitur Recall di Copilot+ akan memiliki akses ke semua data ini, tetapi langkah-langkah keamanan Microsoft diduga telah menimbulkan kekhawatiran dan kritik tentang bagaimana data ini ditangani. Recall berfungsi dengan mengambil tangkapan layar seluruh desktop setiap kali ingin mengingat sesuatu, dan menyimpan data ini dalam log teks biasa.

Ternyata log teks biasa tersebut membuat Recall sangat terbuka untuk peretas jarak jauh. Sejak saat itu Microsoft telah menghentikan fitur tersebut dan tidak tersedia di Copilot+ saat diluncurkan. Sementara Apple menjanjikan hal semacam itu tidak akan terjadi pada Apple Intelligence, karena pemrosesan di perangkat apa pun dilindungi langkah-langkah keamanan.

Selain pemrosesan di perangkat, Apple juga mengambil risiko yang diperhitungkan dengan memproses permintaan yang lebih kompleks di cloud. Permintaan di cloud ini ditangani Komputasi Cloud Pribadi, sistem intelijen cloud yang dibangun di atas Silikon Apple. Ini memanfaatkan teknologi keamanan Apple yang sudah ada sebelumnya seperti Secure Boot dan Secure Enclave.

Ada juga fakta bahwa orang lebih cenderung mempercayai Apple dengan data mereka daripada Microsoft. Pada kenyataannya, kedua perusahaan memiliki risiko privasi dan keamanan yang adil. Hanya saja Microsoft tidak memiliki kepercayaan dari penggunanya seperti yang dilakukan Apple. Dengan membandingkan rekam jejak privasi dan keamanan masing-masing perusahaan, kamu dapat mengetahui bahwa Apple jauh di depan dalam bidang ini.

(brl/red)