5 Fakta unik media sosial di sepanjang tahun 2015
Techno.id - Tahun 2015 mungkin boleh dikatakan sebagai tahun yang istimewa bagi industri internet. Pasalnya, raksasa media sosial seperti Facebook telah mengalami banyak perubahan yang notabene belum pernah terjadi sebelumnya.
Beralihnya tren manusia dalam mengakses informasi dari perangkat desktop ke mobile pun diyakini menjadi penyebab utamanya. Selain itu, tingginya aktivitas bisnis online di tahun ini juga diyakini sebagai penyebab kuat lainnya.
-
Ini bukti pengguna layanan Facebook sekarang makin meningkat Pengguna pelbagai layanan Facebook tercatat rata-rata meningkat di kuartal akhir tahun 2015 lalu.
-
Keuntungan Facebook meroket berkat pemasukan iklan mobile yang tinggi Nampaknya, sumber pendapatan Facebook dari iklan mobile ini pun belum akan kering dalam waktu dekat.
-
Setiap harinya, 934 juta pengguna buka Facebook lewat smartphone 90 Persen pengguna mengakses Facebook setiap hari melalui perangkat mobile.
Lantas, apa saja hal baru yang telah terjadi pada situs-situs media sosial terkemuka? Berikut lima fakta unik media sosial yang terjadi di sepanjang tahun 2015 sebagaimana dikutip dari SocialMediaToday (25/09).
Facebook, Twitter, dan LinkedIn menjadi media bisnis online terbaik
Tingginya aktivitas bisnis online di tahun 2015 ternyata tak lepas dari peran media sosial sebagai alat perantara. Faktanya, para pengembang media sosial kini sudah saling berlomba untuk menggabungkan konsep antara berbagi dan e-commerce dalam satu wadah.
Hasil survei dari 3.720 pemasar dari seluruh dunia mengatakan jika Facebook, Twitter, dan LinkedIn adalah media yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Facebook menjadi yang teratas dengan 93 persen, Twitter dengan 79 persen, dan LinkedIn dengan 71 persen.
Pinterest berkembang sangat cepat
Pinterest memang baru saja diresmikan pada bulan April 2015 kemarin. Namun hanya dalam hitungan bulan, jumlah pengguna dari situs media sosial berbasis virtual pinboard ini ternyata berkembang dengan sangat pesat.
Pada awalnya, situs yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat ini didominasi oleh kaum hawa untuk mengunggah konten desain dan makanan. Namun kini kaum adam juga mulai menunjukkan dominasinya melalui jutaan konten unik.
Facebook bertransformasi menjadi situs portal video raksasa
Sejak resmi diluncurkan pada tahun 2004 silam, Facebook dikenal sebagai situs pencari teman paling akurat yang pernah ada. Namun siapa sangka jika di tahun 2015 ini, Facebook ternyata juga menjadi situs portal video terbesar di dunia?
Sebagai gambaran, sebanyak 50 persen dari pengguna aktif harian Facebook kini selalu menonton setidaknya satu video per hari. Di kuartal pertama tahun 2015, jumlah video yang ditonton per harinya bahkan telah menembus angka empat miliar!
Sang CEO, Mark Zuckerberg pernah mengungkapkan jika algoritma Facebook News Feed yang baru akan membuat Facebook menjadi situs portal video terbesar di dunia dalam kurun waktu lima tahun. Tak perlu menunggu lama, harapan Zuck kini tampaknya sudah mulai terwujud.
Integrasi antara media berbagi dan e-commerce semakin sempurna
Bergesernya tren manusia dalam mengakses informasi dari perangkat desktop ke mobile ternyata juga mampu menggeser fungsi utama situs media sosial sebagai media untuk berbagi. Ya, konsep e-commerce di situs media sosial untuk layar mobile kini semakin terintegrasi dengan baik.
Sebagai contoh, Facebook baru saja meresmikan tombol "Buy" untuk memudahkan produsen untuk berjualan maupun konsumen untuk membeli. Begitu pula dengan tombol "Buy with Google" milik Google dan tombol "Buy" pada Twitter.
6 dari 10 aplikasi terpopuler adalah layanan pesan instan
Selain media sosial, bergesernya tren manusia dalam mengakses informasi dari desktop ke mobile secara tidak langsung juga telah melahirkan aplikasi hingga jumlahnya yang mencapai jutaan. Menariknya, enam dari 10 aplikasi paling populer di dunia ternyata merupakan layanan pesan instan.
Adapun keenam aplikasi pesan instan tersebut di antaranya meliputi WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Viber, KakaoTalk, dan WeChat. Sedangkan empat aplikasi sisanya adalah Facebook (reguler), Instagram, Clash of Clans, dan Twitter.