5 Fitur AI generatif yang dapat kamu gunakan di Snapchat

5 Fitur AI generatif yang dapat kamu gunakan di Snapchat

Techno.id - Snapchat telah meluncurkan sejumlah fitur AI generatif baru sejak tahun 2023. Sementara beberapa fitur ini, seperti latar belakang AI, ditujukan untuk membantu kamu menyesuaikan antarmuka obrolan Snapchat.

Sementara yang lainnya, seperti chatbot My AI, dimaksudkan untuk memberikan tingkat interaksi. Berikut adalah lima fitur AI generatif yang saat ini tersedia untuk pengguna Snapchat.

1. Lensa AI

5 Fitur AI generatif yang dapat kamu gunakan di Snapchat foto: freepik

Fitur Lensa AI Snapchat memungkinkan kamu mengintip seperti apa penampilanmu dalam situasi atau era tertentu. Misalnya, Lensa tahun 1990-an menempatkan kamu dalam adegan simulasi dari tahun 1990-an, sedangkan Lensa Festive memungkinkan kamu memanfaatkan tema festive. Kamu dapat membuka kunci lensa AI ini dengan memindai Snapcode, mencarinya di Lens Explorer, atau membukanya melalui tautan.

2. Latar Belakang AI

5 Fitur AI generatif yang dapat kamu gunakan di Snapchat foto: tangkapan layar

Fitur AI generatif yang hanya tersedia untuk pelanggan Snapchat+ adalah Latar Belakang AI. Fitur ini memungkinkan kamu membuat latar belakang yang menyenangkan untuk kontak berdasarkan permintaan apa pun yang kamu sukai.

Untuk membuat latar belakang obrolan baru, ketuk ikon profil di sudut kiri atas layar dan pilih Snapchat+. Kemudian, pilih Wallpaper Obrolan, pilih kontak yang ingin kamu tetapkan sebagai wallpaper, dan pilih dari wallpaper yang ada atau buat yang baru dengan mengetikkan perintah. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mempersonalisasi obrolan.

3. My AI

5 Fitur AI generatif yang dapat kamu gunakan di Snapchat foto: tangkapan layar/snapchat

My AI adalah chatbot AI Snapchat. Fitur eksperimental ini tersedia untuk semua pengguna Snapchat. Kamu dapat menyesuaikan kepribadian My AI dan Bitmoji, mengubah nama, mengobrol atau mengajukan pertanyaan spesifik kepada chatbot.

Karena My AI menggunakan teknologi GPT OpenAI, AI ini dapat membantu pengguna membuat resep, merencanakan perjalanan untuk akhir pekan, dan bahkan menulis puisi.

Kamu dapat mengakses dan menggunakan My AI melalui layar Obrolan. Meskipun My AI mencoba membantu, alat AI ini rentan terhadap halusinasi, jadi pastikan untuk memeriksa jawaban apa pun yang diberikannya dan jangan bergantung padanya untuk meminta nasihat.

Ingatlah bahwa data dan pesan apa pun yang kamu bagikan dengan My AI mungkin digunakan Snapchat untuk meningkatkan dan mempersonalisasi penawarannya, jadi pastikan untuk tidak membagikan data sensitif atau pribadi kamu dengan chatbot.

4. AI Snaps

5 Fitur AI generatif yang dapat kamu gunakan di Snapchat foto: freepik

Pelanggan Snapchat+ dapat membuat foto kreatif berdasarkan preset atau petunjuk baru dengan AI Snaps. Untuk menggunakan AI Snaps, ketuk tombol AI di bilah alat kanan dan pilih prompt. Kamu mungkin harus menunggu beberapa detik hingga gambar dihasilkan. Kamu dapat menyimpan gambar di perangkat, menambahkannya ke Cerita, atau mengirimkannya ke kontak.

Kamu dapat mengeditnya lebih lanjut dengan menambahkan teks ke gambar. Jika tidak ada petunjuk yang tampak menarik, kamu dapat mengetikkan permintaan sendiri untuk mendapatkan pesan yang lebih relevan.

5. Dreams

5 Fitur AI generatif yang dapat kamu gunakan di Snapchat foto: tangkapan layar

Dreams adalah fitur AI generatif lain di Snapchat yang membantu kamu membuat gambar bergaya. Untuk membuat Dreams, geser ke atas dari layar Kamera, gulir ke tab Mimpi, dan ikuti petunjuk di layar untuk mengunggah selfie. Kemudian, ketuk Pilih Paket Gratis dan pilih paket. Delapan Impian pertama kamu gratis, tetapi kamu dapat membeli lebih banyak dengan melakukan pembelian dalam aplikasi.

Kamu mendapatkan satu paket Dreams gratis setiap bulan dengan Snapchat+, tetapi paket yang tidak digunakan tidak dapat dibatalkan ke bulan berikutnya. Saat ini, Snapchat tidak mengizinkan pengguna membuat paket Dreams mereka sendiri dengan petunjuk, namun rangkaian paket bertema yang dikurasi Snapchat sudah memadai.

Meskipun fitur AI generatif baru Snapchat menyenangkan dan dapat membantu kamu menambahkan sentuhan unik pada interaksi, berhati-hatilah dalam membagikan detail pribadi. Misalnya, sebaiknya jangan mengunggah gambar teman kamu ke AI Saya kecuali mereka telah menyetujuinya. Coba gunakan fitur AI generatif yang menyenangkan ini di platform web atau aplikasi Snapchat.

(brl/red)