5 Fitur Android 15 yang ditunggu dan bikin penasaran pengguna  

5 Fitur Android 15 yang ditunggu dan bikin penasaran pengguna  

Techno.id - Setelah hampir 16 tahun munculnya sistem operasi Android, kini perilisan Android 15 tinggal menghitung waktu. Meskipun Google telah lama berhenti menggunakan nama bertema makanan yang diurutkan menurut abjad untuk setiap versi, namun sistem operasi tersebut masih ada sebagai nama kode internal.

Sebut saja Android 15 yang diberi nama kode Vanilla Ice Cream. Ada beberapa fitur baru yang dibangun Google ke dalam sistem operasi selularnya versi 2024 ini. Berikut beberapa fitur Android 15 yang ditunggu-tunggu pengguna.

1. Pesan satelit

5 Fitur Android 15 yang ditunggu dan bikin penasaran pengguna foto: developer.android.com

Smartphone telah mengubah hidup banyak orang untuk tetap terhubung hampir ke mana pun kita pergi. Namun meski begitu masih memiliki batasan, terutama di daerah terpencil. Hanya satu cara untuk mengisi kesenjangan itu adalah penggunaan satelit.

iPhone menambahkan dukungan satelit terlebih dahulu, awalnya untuk bantuan darurat di pinggir jalan. Ini masuk akal karena mereka mencoba membatasi penggunaan bandwidth hanya untuk pesan yang dipilih sebelumnya dalam keadaan darurat, tetapi segera, dengan iOS 15, akses satelit diperluas ke iMessage dan SMS.

Itu bukan satu-satunya penyegaran OS selular 2024 yang menambahkan dukungan perpesanan satelit, karena Android 15 juga akan membawanya ke operator dan handset yang memiliki perangkat keras yang tepat.

Menu satelit baru Android hanya muncul sejauh ini di ponsel Pixel. Namun bisa berubah sebelum rilis final pembaruan OS. Sayangnya Google belum mengumumkan secara resmi apakah nantinya fitur ini akan hadir di seluruh jaringan ponsel.

2. Fitur anti-pencurian

5 Fitur Android 15 yang ditunggu dan bikin penasaran pengguna foto: freepik

Salah satu rangkaian fitur baru yang sangat menarik di Android 15 adalah anti-pencurian baru Google. Fitur ini dirancang untuk mencegah pencuri. Misalnya, ada Theft Detection Lock, yang dirancang untuk mendeteksi gerakan menyambar yang digunakan pencuri untuk mengambil ponsel dan kemudian akselerasi ponsel saat pencuri mencoba melarikan diri. Jika ponsel mendeteksi serangkaian gerakan seperti itu, ponsel akan segera mengunci ponsel.

Fitur anti-pencurian baru lainnya yang datang di Android 15 mungkin tampak akrab dengan fitur anti-pencurian pada handset Samsung Galaxy. Ini termasuk perlindungan reset pabrik, sehingga ponsel tidak dapat disetel ulang. Kebanyakan pencuri ingin menjual ponsel, tanpa masuk ke akun Google atau menggunakan kode layar kunci.

Google juga memperbarui pengaturan Temukan Perangkat Saya sehingga mematikan fitur memerlukan kode buka kunci. Hal yang sama berlaku untuk meningkatkan panjang periode batas waktu layar. Menggunakan kunci biometrik juga akan menjadi persyaratan untuk menonaktifkan tindakan anti-pencurian ini atau mengubah PIN.

3. Ruang pribadi

5 Fitur Android 15 yang ditunggu dan bikin penasaran pengguna foto: freepik

Ruang Pribadi akan muncul sebagai kunci di Laci Aplikasi dan itu akan membiarkan kamu memisahkan berbagai aplikasi yang membutuhkan lapisan privasi ekstra. Kamu juga dapat membuat kunci itu menghilang dan membuatnya sehingga ponsel memerlukan penggunaan bilah pencarian Laci Aplikasi untuk menemukan Ruang Pribadi.

Memasuki Ruang Pribadi memerlukan memasukkan PIN kedua yang berbeda dari PIN perangkat. Memindahkan aplikasi tertentu ke Ruang Pribadi membuat notifikasinya tidak akan muncul kecuali kamu membuka kunci Space. Google juga mencantumkan aplikasi perbankan dan kesehatan sebagai kasus penggunaan yang jelas.

4. Perlindungan penipuan dan scam yang lebih baik

5 Fitur Android 15 yang ditunggu dan bikin penasaran pengguna foto: google

Salah satu fitur baru yang lebih mencolok untuk Android 15 yang ditampilkan selama keynote di Google IO 2024 adalah peningkatan pada deteksi panggilan penipuan platform. Selain fungsi deteksi dan pemblokiran panggilan spam yang ada, Android 15 menambahkan kemampuan untuk menggunakan versi Gemini Nano di perangkat dari model bahasa AI Gemini Google untuk mendengarkan panggilan secara real time dan mendeteksi penipuan yang digunakan penipu.

Google juga mengumumkan bahwa AI pada perangkatnya akan digunakan untuk menganalisis sinyal perilaku tambahan yang terkait dengan penggunaan izin sensitif dan interaksi dengan aplikasi dan layanan lain.

Selain itu, Google akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah serangan rekayasa sosial berbagi layar. Pemberitahuan yang berisi kata sandi satu kali (OTP) sekarang akan disembunyikan dari pemberitahuan, nama pengguna, kata sandi, dan nomor kartu kredit akan secara otomatis disembunyikan dari siapa pun yang berbagi layar dengan kamu.

5. Kontrol kenyaringan (loudness)

5 Fitur Android 15 yang ditunggu dan bikin penasaran pengguna foto: freepik/stockking

Fitur baru lain dari Android 15 yang ditunggu adalah pengontrol kenyaringan (loudness). Perlu dingat volume dan loudness bukanlah hal yang sama. Volume mengacu pada pengukuran ilmiah aktual dari kuantitas atau kekuatan suara, sementara kenyaringan mengacu pada bagaimana otak kamu secara subyektif merasakan suara itu.

Android 15 berupaya mengatasi banyak masalah kenyaringan ini dengan mengadopsi CTA-2075, standar kenyaringan untuk televisi Over-the-Top dan distribusi video online untuk perangkat selular. Menurut Google, di bawah standar ini, perangkat Android akan mempertimbangkan apa yang diketahuinya tentang headphone atau speaker yang kamu gunakan untuk secara otomatis mengubah kompresi rentang dinamis sehingga kamu tidak terkena kenyaringan yang memekakkan telinga.

(brl/red)