5 Perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone dengan iOS 18

5 Perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone dengan iOS 18

Techno.id - Setiap tahun di WWDC Apple memperkenalkan perangkat lunak terbaru untuk semua produknya. Sejauh ini, perhatian terbesar setiap tahun adalah iOS, sistem operasi iPhone. Tahun lalu di WWDC, iOS 17 diluncurkan.

Saat itu Apple menghadirkan beberapa alat personalisasi keren seperti Poster Kontak, serta aplikasi Jurnal baru dan favorit pribadi, mode siaga. Anehnya, iOS 17 lebih banyak menjadi berita utama di tahun 2024 dibanding saat diluncurkan (2023) berkat munculnya pasar aplikasi alternatif, sideloading, dan emulator game retro.

Nah WWDC 2024 tinggal beberapa hari lagi, dan sekarang semua perhatian tertuju pada iOS 18 dan peningkatan besar yang akan datang ke iPhone akhir tahun ini. Berikut lima perubahan terbesar yang dikabarkan bakal muncul di iPhone, termasuk yang telah diumumkan Apple.

1. Siri

5 Perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone dengan iOS 18 foto: apple

Tidak diragukan lagi, perubahan terbesar yang datang ke iOS 18 adalah munculnya Apple AI, alat baru untuk melengkapi tugas sehari-hari di iPhone. Sementara AI diharapkan dapat ditampilkan di aplikasi seperti Pesan, Apple Music, Catatan, Kalender, dan lainnya, daya tarik utamanya adalah Siri. Menurut laporan terbaru, Apple sedang merencanakan perombakan besar-besaran pada Siri yang didukung AI, dan kemungkinan besar akan menggunakan ChatGPT OpenAI. Perubahan tersebut dapat mencakup percakapan yang lebih alami, kueri dan tanggapan yang lebih kompleks, ikhtisar pemberitahuan, dan banyak lagi.

2. Layar Beranda

5 Perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone dengan iOS 18 foto: apple

Titik lemah tertentu di iOS adalah Layar Beranda iPhone yang sering tertinggal dibanding Android. Maklum Layar beranda Android sejak lama memiliki kemampuan untuk disesuaikan dan fleksibel. Sementara Apple membuat beberapa perubahan dengan diperkenalkannya widget, konfigurasi kisi tetap yang sama. Tahun ini, Apple dilaporkan akan memperkenalkan tweak yang memungkinkan pengguna memilih warna ikon aplikasi dan memindahkannya ke mana pun mereka mau, mengakhiri kisi standar yang telah menjadi ciri khas iPhone sejak pertama kali diluncurkan.

3. RCS

5 Perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone dengan iOS 18 foto: apple

Pengenalan RCS (Rich Communication Services) tidak akan membawa iMessage ke Android. Ini akan memberi pengguna interoperabilitas yang jauh lebih besar dalam hal pengiriman pesan ke rekan Android mereka. RCS bakal menghadirkan fitur yang akan dikenal pengguna iMessage termasuk tanda terima telah dibaca, indikator pengetikan, dan berbagi gambar dengan kualitas yang lebih baik.

4. Penghapus web Safari

5 Perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone dengan iOS 18 foto: apple

Browser iPhone Safari diperkirakan akan mengalami peningkatan yang signifikan dengan iOS 18. Salah satu perubahan terbesar yang dikabarkan adalah fitur Penghapus Web bertenaga AI yang konon dapat menghapus seluruh bagian situs web yang tidak ingin kamu lihat saat menjelajah, seperti iklan, popup, dan video.

Ini adalah langkah yang dapat mengubah penjelajahan web di iPhone, dan langkah yang telah diperingatkan beberapa pelaku industri karena dapat menjungkirbalikkan industri penerbitan.

5. Aksesibilitas

5 Perubahan terbesar yang dikabarkan akan terjadi pada iPhone dengan iOS 18 foto: freepik/goffkein

Apple telah mengkonfirmasi serangkaian fitur aksesibilitas baru yang hadir di iPhone akhir tahun ini. Diperkenalkan pada Mei lalu, Apple menambahkan fitur Pelacakan Mata baru ke iPhone yang memungkinkan pengguna dengan disabilitas fisik mengontrol iPhone atau iPad mereka dengan mata.

Fitur ini akan menggunakan kamera depan iPhone dan AI pembelajaran mesin di perangkat tanpa memerlukan perangkat keras atau aksesori tambahan. Haptics Musik Baru akan memungkinkan pengguna tuna rungu terlibat dengan musik melalui getaran yang didukung oleh Taptic Engine di iPhone.

Fitur Pintasan Vokal baru akan memungkinkan pengguna iPhone memicu Pintasan hanya dengan suara mereka, dan Isyarat Gerakan Kendaraan baru akan menggunakan titik animasi untuk mengurangi rasa mabuk perjalanan bagi penumpang di kendaraan yang bergerak.

(brl/red)