6 Fitur Apple Intelligence yang harus ditunggu, belum akan hadir di iPhone 16 Series saat diluncurkan

6 Fitur Apple Intelligence yang harus ditunggu, belum akan hadir di iPhone 16 Series saat diluncurkan

Techno.id - Peluncuran resmi iOS 18 hampir tiba. Biasanya, ketika iPhone baru diluncurkan, versi terbaru iOS dirilis satu atau dua minggu kemudian, sesuai dengan ketersediaan model iPhone baru di toko. Tahun lalu, misalnya, acara peluncuran Apple untuk iPhone 15 berlangsung pada 12 September, dan iOS 17 secara resmi diluncurkan pada 18 September.

Rumor yang beredar, model iPhone baru (iPhone 16 Series) akan tersedia dipasar pada 20 September tahun ini. Namun, jika pengguna bersemangat dengan peluncuran iOS 18 karena ingin mencoba fitur Apple Intelligence baru, maka harus menunggu.

Artinya, Apple Intelligence sangat tidak mungkin menjadi bagian dari peluncuran resmi iOS 18, dengan fitur Apple Intelligence pertama kemungkinan akan datang sebagai bagian dari iOS 18.1, yang akan dirilis sekitar Oktober mendatang.

Bahkan ketika Apple Intelligence akhirnya tiba di iPhone, sangat mungkin hanya memiliki serangkaian fitur AI yang terbatas, seperti alat penulisan generatif, kemampuan untuk meringkas halaman web dan email, transkripsi yang ditingkatkan, dan balasan cerdas.

Ada beberapa fitur Apple Intelligence yang paling signifikan justru membutuhkan waktu lebih lama untuk diluncurkan. Sebab, Apple ingin memastikan fitur-fitur tersebut bekerja dengan benar sebelum dirilis. Berikut adalah enam fitur Apple Intelligence terbaik yang mungkin harus ditunggu beberapa saat.

1. Image Playground

6 Fitur Apple Intelligence yang harus ditunggu, belum akan hadir di iPhone 16 Series saat diluncurkan foto: apple

Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat gambar sendiri. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, pengguna tidak akan mendapatkan aplikasi Image Playground bertenaga AI Apple sampai rilis iOS 18.2.

Image Playground adalah alat AI generatif yang memungkinkan kamu membuat gambar yang dihasilkan AI dalam tiga gaya berbeda, Animasi, Ilustrasi, dan Sketsa. Kamu dapat mengetikkan deskripsi gambar yang ingin dibuat, memilih dari berbagai tema, tempat, atau kostum, dan bahkan membuat gambar berdasarkan seseorang dari perpustakaan Foto. Semua gambar dibuat di perangkat dalam aplikasi khusus.

Gurman mengatakan pembaruan iOS 18.2 kemungkinan akan dirilis pada Desember mendatang, menyusul pembaruan iOS 18.1 sekitar Oktober. Mengingat hal tersebut, pengguna mungkin harus menunggu hingga akhir tahun sebelum dapat mulai menggunakan Image Playground untuk membuat gambar lucu dari teman dan keluarga.

2. Genmoji

6 Fitur Apple Intelligence yang harus ditunggu, belum akan hadir di iPhone 16 Series saat diluncurkan foto: apple

Fitur pembuatan gambar lain yang merupakan bagian dari Apple Intelligence adalah Genmoji. Ini adalah nama yang cukup mengerikan untuk fitur yang bisa sangat berguna. Emoji dimaksudkan untuk membantu pengguna mengekspresikan emosi dalam pesan berbasis teks, karena mudah untuk salah membaca nada pesan dan membawanya dengan cara yang berbeda dari apa yang dimaksudkan.

Secara keseluruhan, emoji bekerja dengan baik untuk mengetahui kapan seseorang bercanda atau menyindir, tetapi sayangnya, tidak semua orang memahami emoji yang sama dengan cara yang sama. Misalnya, emoji jempol yang tampaknya tidak berbahaya dapat dilihat sebagai OK sederhana bagi beberapa orang dan serangan pasif-agresif bagi yang lain.

Dengan fitur Genmoji, kamu dapat mengetikkan deskripsi emoji yang diinginkan dan melihat pratinjau tampilannya. Kamu dapat terus mengutak-atik sampai memiliki kecocokan yang sempurna. Seperti Image Playground, kamu bahkan dapat membuat Genmoji berdasarkan orang-orang dari perpustakaan Foto.

Namun sepertinya pengguna harus menanggung set emoji standar untuk saat ini. Menurut Gurman, Genmoji adalah fitur lain yang tidak akan muncul hingga iOS 18.2, yang berarti mungkin akan tiba pada Desember 2024.

3. Integrasi ChatGPT ke Siri

6 Fitur Apple Intelligence yang harus ditunggu, belum akan hadir di iPhone 16 Series saat diluncurkan foto: apple

Siri sudah ada sejak lama. Awalnya merupakan aplikasi mandiri, Apple membuat Siri terpisah dari iOS pada tahun 2011 sebagai fitur bawaan iPhone 4S. Setelah peluncuran asisten yang diaktifkan suara itu, Siri mandek selama lebih dari satu dekade. Asisten suara lain telah melampaui kemampuannya, dan chatbot AI modern seperti ChatGPT dan Google Gemini membuat Siri tampak seperti teknologi dari era lain.

Namun, Siri akhirnya mendapatkan pembaruan yang sangat dibutuhkan di iOS 18. Meskipun kemampuan asisten yang diaktifkan suara akan mendapatkan dorongan yang signifikan, fitur ini masih tidak akan memiliki kemampuan yang sama dengan chatbot AI lainnya.

Apple tahu bahwa orang-orang yang telah menggunakan aplikasi seperti Meta AI dan Claude mengharapkan tingkat kinerja yang sama dari Siri. Untuk tujuan ini, Apple telah membuat kesepakatan dengan OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, untuk menambahkan kemampuan ChatGPT ke iPhone.

Saat kamu mengajukan pertanyaan kepada Siri, asisten akan mencoba menjawabnya. Namun, jika pertanyaan tersebut tampak di luar kemampuan Siri, pertanyaan itu menanyakan apakah kamu ingin ChatGPT membantu. Jika setuju, Siri akan beralih ke ChatGPT untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Menggunakan ChatGPT di iOS 18 akan gratis, meskipun kamu adalah pengguna ChatGPT berbayar. Kamu dapat mengakses fitur tambahan yang merupakan bagian dari langganan.

Kolaborasi antara Siri dan ChatGPT ini menjanjikan untuk membuat penggunaan Siri jauh lebih kuat dan lebih mudah diakses. Tetapi sayangnya, pengguna harus menunggu lebih lama. CEO Apple Tim Cook mengonfirmasi bahwa integrasi ChatGPT akan hadir di iOS 18 pada akhir tahun kalender. Jadi sepertinya fitur ini akan tiba sebagai bagian dari iOS 18.2.

(brl/red)