Alasan kamu harus mengganti bantalan telinga headphone yang aus dan rusak

Alasan kamu harus mengganti bantalan telinga headphone yang aus dan rusak

Techno.id - Salah satu komponen yang sering rusak pada sebagian besar headphone adalah bantalan telinga. Bagian ini rusak seiring waktu penggunaan karena selalu terkena keringat dan minyak alami dari kulit. Untungnya, bantalan telinga sangat mudah diganti. Lantas mengapa bantalan telinga headphone yang aus harus segera diganti? Ini alasannya.

Meningkatkan kenyamanan, suara, dan tampilan

Alasan kamu harus mengganti bantalan telinga headphone yang aus dan rusak foto: freepik/dcstudio

Meskipun audiophile menyadari pentingnya bantalan telinga yang baik, kebanyakan orang kurang mempedulikannya. Padahal, bantalan telinga adalah salah satu bagian terpenting headphone. Bantalan telinga memengaruhi kenyamanan penggunaan headphone.

Bantalan telinga tua yang pipih tidak dapat memberikan bantalan dan dukungan, sehingga headphone akan mudah terlepas dari telinga, seberapa pendek pun kamu menyesuaikan ikat kepala, terutama jika itu adalah tipe on-ear. Ini terjadi karena bantalan telinga selalu dikompresi ke telinga dan karena tekanan konstan, busa di dalam bantalan telinga secara bertahap kehilangan kemampuan untuk kembali ke keadaan semula.

Estetika juga penting. Bantalan telinga yang berdebu dan rusak membuat headphone terlihat usang. Bantalan dari bahan kulit imitasi yang terlihat retak, mengelupas seiring bertambahnya usia penggunaan, meninggalkan banyak kotoran. Karena itu ketika bantalan telinga mulai terlihat kotor, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Selain itu, dengan bantalan telinga yang mulai pipih, maka suara akan mudah bocor. Musik yang kamu dengarkan mudah keluar melalui celah kecil antara telinga dan headphone. Artinya, kamu mendapatkan volume yang lebih rendah dan kualitas suara yang buruk. Pada saat yang sama, celah kecil ini menghancurkan sifat isolasi kebisingan dari headphone tertutup dengan bantalan telinga kulit.

Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan memasang bantalan telinga baru yang memiliki busa tebal dan menciptakan segel yang kuat pada telinga untuk peningkatan kualitas dan kenyamanan suara.

(brl/red)