Android 15 memastikan pencuri tidak dapat membobol rekening bank pengguna meski ponsel tidak terkunci

Android 15 memastikan pencuri tidak dapat membobol rekening bank pengguna meski ponsel tidak terkunci

Techno.id - Ada banyak fitur hebat di Android 15.Namunfitur yang sering diabaikan kebanyakan orang adalah fitur yang akan menjaga perangkat terlindungi dari hal yang tidak terduga seperti pencurian. Fitur perlindungan baru diluncurkan di Android dan sekarang dengan rilis terbaru, pengguna akhirnya dapat melihat betapa pentingnya fitur-fitur ini dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan Android 15, pengguna sekarang memiliki akses ke berbagai alat baru yang akan membuat mereka tetap aman, seperti Kunci Deteksi Pencurian, Kunci Perangkat Offline, dan Kunci Jarak Jauh. Sementara fokusnya pada semua cara baru yang dapat dilindungi Android, beberapa cara lama juga mendapatkan peningkatan, seperti yang dijelaskan pakar Android Mishaal Rahman dari Android Authority.

Rahman berbagi bagaimana Android 15 memperkuat BiometricPrompt API, salah satu tulang punggung keamanan OS, yang sekarang akan mencegah upaya pencuri ketika mereka mencoba input berbeda dalam jumlah tak terbatas untuk membobol kata sandi ke perangkat. Meskipun dulu ada lapisan kecil perlindungan terhadap hal ini, namun itu akan mengharuskan aplikasi untuk dilindungi menggunakan tanda tangan biometrik agar mereka dapat mencegah akses yang tidak sah.

Sekarang, dengan perubahan baru pada API BiometricPrompt, ada jumlah maksimum lima percobaan dalam hal input otentikasi agar berhasil mengakses konten perangkat. Jika salah menebak, perangkat akan tetap terkunci, tujuannya untuk mencegah akses yang tidak diinginkan.

Ini hanyalah salah satu metode di mana Android menjaga keamanan perangkat, selain berbagai alat baru yang tersedia untuk menggagalkan penjahat mengakses perangkat penguna.

(brl/red)