Apa kata Facebook tentang Ramadhan? Ini jawabannya
Techno.id - Mendekati bulan Ramadhan, Facebook merilis laporan dan statistik terkait kebiasaan 37 juta orang Indonesia di momen-momen yang disucikan tersebut. Yang perlu Anda ketahui, ternyata beberapa fakta yang tersaji di sana cukup menarik, seperti:
1. Lebih aktif di malam hari
Fenomena unik pertama ialah adanya pergeseran aktivitas pengguna Facebook selama Ramadhan. Menurut data dari jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg itu, pengguna Facebook menjadi lebih aktif saat matahari sudah terbenam, tepatnya pukul 9 malam hingga 12 pagi. Aktivitas di jam-jam tersebut memiliki peningkatan hingga 70 persen di setiap jamnya.
-
10 Meme seputar bulan puasa ini akan sentil dirimu, iya nggak? Hayooo, siapa yang kesentil nih?
-
11 Spanduk imbauan ibadah di bulan Ramadan ini tulisannya curi perhatian Pengumuman ini dibuat dengan kalimat menyindir yang menarik ~
-
Sambut Ramadan, uji wawasanmu tentang serba-serbi puasa yuk Pasti penasaran dong dengan seberapa luas wawasan kamu tentang serba-serbu puasa.
2. Seluler > desktop
Selain itu, para user Facebook cenderung menyukai "berselancar" melalui seluler daripada desktop. Faktanya, 65 persen konten di sana selama bulan puasa diunggah dari ponsel ataupun tablet. Perbandingan konten yang berasal dari seluler dan desktop pun mencapai empat kali lipat!
3. Sebulan sebelumnya, hawa Ramadhan sudah terasa
Yang tak kalah menarik, animo penyambutan Ramadhan yang tinggi tak cuma dirasakan di kehidupan nyata, tetapi juga di dunia maya. Bagaimana tidak, Facebook sudah mengendus tingginya percakapan perihal Ramadhan 30 hari sebelum bulan suci datang.
4. Obrolan tentang fashion merajalela
Di samping itu, ditemui juga pembahasan yang paling wajar di Facebook selama Ramadhan, yakni obrolan tentang busana. Topik ini laris manis selama Ramadhan dan mendominasi 60 persen percakapan dari pengguna berusia 18 sampai 24 tahun.
5. Konten seputar kuliner, kerapian, dan produktivitas laris manis
Anda suka berburu resep masakan selama bulan Ramadhan? Tenang, Anda tak sendiri. Berdasarkan data dari Facebook, konten tentang kuliner memang cukup populer. Selain itu, topik yang tak kalah menarik lainnya ialah trik atau ide dalam menjaga kerapian rumah serta mempertahankan produktivitas.
Itulah kelima fakta unik yang dikemukakan Facebook pasca menganalisis penggunanya dari Indonesia tahun lalu. Rencananya, apa yang akan Anda lakukan selama bulan puasa nanti di Facebook?