Apple memperingatkan pengguna iPhone tentang serangan spyware berbahaya

Apple memperingatkan pengguna iPhone tentang serangan spyware berbahaya

Techno.id - Apple baru saja memperingatkan pengguna iPhone di 98 negara untuk waspada terhadap potensi serangan mercenary spyware. Seperti dilaporkan TechCrunch, ini adalah peringatan kedua Apple pada tahun 2024.

Orang-orang di negara-negara yang terkena dampak menerima pesan berikut dari Apple, Apple mendeteksi bahwa Anda menjadi sasaran serangan spyware tentara bayaran yang mencoba untuk mengkompromikan iPhone yang terkait dengan ID Apple Anda -xxx-.

Peringatan selanjutnya mengatakan, Serangan ini kemungkinan menargetkan Anda secara khusus karena siapa Anda atau apa yang Anda lakukan. Meskipun tidak pernah mungkin untuk mencapai kepastian mutlak ketika mendeteksi serangan semacam itu, Apple memiliki keyakinan tinggi dalam peringatan iniharap tanggapi dengan serius.

Sayangnya Apple tidak merilis 98 negara yang terkena dampak peringatan ini. Menurut pemberitahuan di situs webnya, Apple telah mengirim pemberitahuan ancaman kepada pengguna yang terkena dampak beberapa kali sejak 2021. Pada April tahun ini, pengguna di 150 negara dihubungi ketika kemungkinan masalah terdeteksi. Pemberitahuan terbaru dikirim ke pengguna di 92 negara pada April lalu.

Ketika Apple mendeteksi aktivitas yang konsisten dengan serangan mercenary spyware, Apple menghubungi pengguna dengan dua cara. Pertama, menambahkan pemberitahuan ancaman di bagian atas halaman setelah pengguna masuk ke situs web ID Apple. Kedua, mengirimkan pemberitahuan email dan iMessage kepada pengguna.

Apple hanya mengirimkan peringatan ini kepada orang-orang yang berada dalam bahaya serangan spyware. Dengan demikian, jika kamu belum menerima pemberitahuan dari Apple tentang kemungkinan serangan mercenary spyware, akun kamu aman. Tetapi tetap waspadai kalau-kalau kamu melewatkannya. Jika kamu belum mendapat notifikasi apa pun dari Apple, kemungkinan besar akun kamu baik-baik saja. Tapi tetap waspada.

(brl/red)