Apple mengklaim dengan beberapa perubahan, iPhone 16 lebih mudah diperbaiki

Apple mengklaim dengan beberapa perubahan, iPhone 16 lebih mudah diperbaiki

Techno.id - Apple mengkonfirmasi beberapa perubahan pada seri iPhone 16. Tujuannya untuk membuat ponsel tersebut lebih mudah diperbaiki. Apple mengatakan internal iPhone 16 lebih mudah diakses berkat interior yang direkayasa ulang.

Sebut saja baterai standar iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang menggunakan perekat jenis baru alih-alih tab tarik, yang dapat dipanaskan menggunakan sel 9V untuk melepaskan baterai dengan lebih mudah dan aman dari papan logika. Perekat terionisasi baru ini tidak digunakan pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Selain itu, kamera TrueDepth yang digunakan untuk Face ID sekarang dapat ditukar antara unit iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max, di mana sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Apple juga telah menyesuaikan kebijakannya untuk memungkinkan teknisi mengonfigurasi kamera TrueDepth pada iPhone 12 dan yang lebih baru di perangkat, tanpa menggunakan Mac yang ditambatkan.

Sekarang dimungkinkan menukar pemindai LiDAR pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dengan satu dari ponsel lain saat menyervis sistem kamera belakang. Sebelumnya, pemindai LiDAR tidak dapat diservis. Jika rusak, kamu harus mengganti seluruh sistem kamera.

Apple mengklaim dengan beberapa perubahan, iPhone 16 lebih mudah diperbaiki foto: apple

Dengan fitur Repair Assistant baru iOS 18, bengkel dan reparasi DIY dapat mengonfigurasi suku cadang tanpa menelepon Apple untuk memastikannya berfungsi seperti suku cadang asli. Misalnya baterai iPhone kamu telah ditukar dengan baterai pihak ketiga. Repair Assistant juga memungkinkan kamu mengonfigurasinya sebagai komponen Apple asli sehingga kesehatan baterai dilaporkan dengan benar di Pengaturan > Baterai.

Jika kamu telah mengganti layar iPhone dengan komponen pihak ketiga, Repair Assistant memastikan layar baru berfungsi dengan fungsi iOS seperti True Tone, Night Shift, kecerahan otomatis, dan lain sebagainya. Jika iPhone kamu memiliki suku cadang pihak ketiga dan menjalankan iOS 18, buka Pengaturan > Umum > Tentang untuk melihatnya di bagian Suku Cadang dan Servis. Bagian ini juga mencantumkan suku cadang Apple bekas, dan kamu akan dapat mengonfigurasinya di Repair Assistant.

Apple memiliki sejarah merancang perangkat yang lebih sulit diperbaiki setiap tahun. iPhone, produk terlaris Apple, masih bermasalah dalam hal itu. iFixit memberi iPhone 15 tahun lalu skor kemampuan perbaikan yang rendah 4 dari 10.

Pada saat yang sama, iFixit secara retroaktif menurunkan skor perbaikan iPhone 14 dari 7 menjadi 4. iFixit sangat mengkritik penguncian perangkat lunak Apple, yang memanfaatkan proses pemasangan suku cadang perusahaan yang kontroversial untuk mengunci perbaikan independen atau membuatnya lebih sulit.

Sebagai tanggapan, Apple meluncurkan Program Perbaikan Mandiri, mendesain ulang iPhone untuk dibuka dari depan dan belakang, dan membuat perubahan kebijakan. Namun, banyak masalah yang dikeluhkan iFixit selama bertahun-tahun masih berlaku, seperti Apple membatasi akses ke suku cadang, dan meningkatkan biaya penggantian baterai iPhone 16 di luar garansi tidak akan membantu.

(brl/red)