Apple mengklaim iPhone 16 akan lebih bertenaga untuk bermain game kelas AAA, ini rahasianya

Apple mengklaim iPhone 16 akan lebih bertenaga untuk bermain game kelas AAA, ini rahasianya

Techno.id - iPhone 16 Series mampu mendukung pengalaman video game yang lebih baik. Apple mengklaim perangkat baru ini memiliki kinerja berkelanjutan 30% lebih tinggi daripada model tahun lalu dan akses ke lebih banyak ke judul game kelas AAA. Videogame kelas AAA adalah rilis utama dari penerbit terkemuka, yang seringkali memiliki anggaran besar dan menggabungkan teknologi grafis terbaru.

Selama Acara Apple Its Glowtime pada 9 September lalu, Apple mengatakan bahwa chip A18 barunya, peningkatan termal, dan peningkatan pada GPU iPhone 16 akan memungkinkan ray tracing yang dipercepat dengan perangkat keras yang lebih baik dan kinerja yang lebih cepat. Game seperti War Thunder Mobile dapat menciptakan efek pencahayaan yang lebih realistis, seperti sinar matahari di laut, dan frame rate yang lebih tinggi daripada akselerasi perangkat lunak, seperti yang ditunjukkan Apple dalam sebuah video pada acara tersebut.

Dengan perangkat keras baru ini juga berarti bahwa game seperti Assassin's Creed Mirage dan Resident Evil 7: Biohazard, yang awalnya hanya tersedia pada model iPhone Pro, sekarang akan dapat dimainkan pada model dasar iPhone yang baru.

Apple juga memamerkan versi Honor of Kings: World, edisi baru MOBA besutan Tencent, yang akan tersedia untuk iPhone 16 tahun depan. Game ini akan memiliki mode grafis ultra yang dioptimalkan untuk iPhone 16.

Cara Apple mendinginkan iPhone 16 dan 16 Pro

Apple mengklaim iPhone 16 akan lebih bertenaga untuk bermain game kelas AAA, ini rahasianya foto: apple

Saat bermain game, kipas dan pasta termal menjaga PC bertenaga tinggi agar tidak meleleh saat menjalankan judul game AAA pada pengaturan tertinggi. Nah iPhone memiliki banyak hal, termasuk perangkat game yang sangat populer, sehingga juga perlu mengatur suhu. Apple, selama acara Its Glowtime, juga mengungkapkan bagaimana teknologi iPhone 16 dan iPhone 16 Pro baru mengurangi panas, yang mengarah ke sesi game yang lebih baik dan lebih dingin untuk game berkualitas konsol.

Rahasia pengurangan panas iPhone 16 adalah arsitektur chip yang diatur ulang untuk meningkatkan efisiensi dan substruktur termal aluminium daur ulang agar menjaga suhu tetap rendah. iPhone 16 Pro juga menampilkan desain titanium tahan panas yang mengesankan, dan smartphone ini juga membawa baterai yang lebih besar.

Jika digabungkan, memungkinkan iPhone 16 Series mengakses lebih banyak daya untuk sesi game yang lebih lama tanpa risiko panas berlebih. Karena itu Apple berani mengklaim kinerja berkelanjutan 30% lebih tinggi pada perangkat ini.

Peningkatan fisik ini melengkapi potensi game yang menggiurkan dari chip A18 iPhone 16. Silikon ini mendukung teknik grafis mutakhir seperti ray tracing yang dipercepat perangkat keras. Ini memungkinkan iPhone 16 dan iPhone 16 pro menjalankan game kelas AAA modern seperti Assassin's Creed Mirage, Death Stranding, dan Resident Evil 2 Remake.

Berbicara tentang game, Apple juga meluncurkan tampilan baru di Honor of Kings: World. Ini adalah spin-off RPG dunia terbuka dari franchise Tencent's Honor of Kings, MOBA yang sudah dicintai di ponsel. Tetapi iPhone 16 dan iPhone 16 Pro memberikan pengaturan grafis yang ditingkatkan yang semakin mengaburkan batas antara ponsel, konsol, dan game PC.

Selain itu, fitur iOS 18 juga akan membawa pembaruan seperti Mode Game baru. Dengan mengaktifkan pengaturan ini, kamu menikmati manfaat yang berfokus pada game. Misalnya, Mode Game telah mengurangi latensi Bluetooth, yang memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar saat menggunakan pengontrol nirkabel dan headphone. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menonaktifkan aktivitas latar belakang untuk meningkatkan masa pakai baterai.

(brl/red)