Apple siap meluncurkan aplikasi kata sandi, bakal mengambil alih LastPass dan 1Password

Apple siap meluncurkan aplikasi kata sandi, bakal mengambil alih LastPass dan 1Password

Techno.id - Apple akan menampilkan banyak hal di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, minggu depan. Salah satunya adalah aplikasi manajemen kata sandi baru bernama Passwords yang dapat menantang saingan popular seperti LastPass dan 1Password yang ada di perangkat iPhone, iPad, Mac, dan bahkan Windows.

Apple telah lama menawarkan Keychain iCloud sebagai pengelola kata sandi kepada penggunanya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat, menyimpan, dan menyinkronkan kata sandi di seluruh iDevices dan Vision Pro. Namun, fitur ini tidak ramah pengguna atau penuh fitur seperti pengelola kata sandi teratas yang tersedia saat ini.

Seperti dilaporkan Bloomberg, aplikasi kata sandi khusus yang akan diperkenalkan Apple tersebut menjadi bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS 15, menurut. Rencananya aplikasi ini akan diluncurkan pada 10 Juni di ajang WWDC.

Aplikasi kata sandi Apple ini akan diberdayakan oleh Keychain iCloud dan membagi login pengguna ke dalam kategori yang berbeda, seperti akun, jaringan Wi-Fi, dan kunci sandi. Kredensial yang disimpan di aplikasi dapat diatur untuk diisi otomatis saat mengunjungi situs atau aplikasi terkait.

Apple siap meluncurkan aplikasi kata sandi, bakal mengambil alih LastPass dan 1Password foto: freepik/isaac1112

Meskipun aplikasi ini merupakan produk untuk perangkat Apple, Bloomberg mengatakan perangkat lunak tersebut juga akan berfungsi di komputer Windows. Aplikasi ini juga menghasilkan kode otentikasi, membuatnya berfungsi sebagai aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator, Authy, dan LastPass.

Kabar Apple yang akan memperkenalkan aplikasi kata sandi khusus kemungkinan akan mengkhawatirkan pengelola kata sandi lainnya, terutama LastPass. Aplikasi pengelola kata sandi merupakan salah satu dari sedikit hal yang akan diungkapkan Apple di WWDC yang tidak berfokus pada AI.

Apple kabarnya akan memberikan Siri perombakan AI besar-besaran di iOS 18, memungkinkan pengguna mengontrol fitur aplikasi tertentu menggunakan suara mereka. Awalnya hanya akan tersedia untuk aplikasi internal Apple, dan asisten suara hanya akan merespons satu perintah dalam satu waktu, tetapi Apple sedang berupaya memperluas fungsinya.

(brl/red)