Apple umumkan fitur aksesibilitas iOS 18, termasuk pelacakan mata

Apple umumkan fitur aksesibilitas iOS 18, termasuk pelacakan mata

Techno.id - Apple hari ini mengumumkan pratinjau beberapa fitur aksesibilitas baru yang akan hadir akhir tahun ini dengan pembaruan perangkat lunak seperti iOS 18, iPadOS 18, macOS 15, dan visionOS 2. Fitur aksesibilitas baru untuk iPhone dan iPad akan mencakup Pelacakan Mata, Haptics Musik, Pintasan Vokal, dan Isyarat Gerakan Kendaraan. Sementara CarPlay akan mendapatkan Kontrol Suara, Filter Warna, dan Pengenalan Suara.

Pengguna Mac akan mendapatkan kemampuan untuk menyesuaikan pintasan papan ketik VoiceOver dan lainnya, dan headset Vision Pro akan mendapatkan Teks Langsung di seluruh sistem, Mengurangi Transparansi, Smart Invert, dan Meredupkan Lampu yang Berkedip.

Apple mengatakan Pelacakan Mata di iPhone dan iPad akan memungkinkan pengguna menavigasi antarmuka sistem dan aplikasi hanya dengan mata mereka.

Apple umumkan fitur aksesibilitas iOS 18, termasuk pelacakan mata foto: freepik

Didukung kecerdasan buatan (AI), fitur Pelacakan Mata memberi pengguna opsi bawaan untuk menavigasi iPad dan iPhone hanya dengan mata mereka. Didesain untuk pengguna dengan disabilitas fisik, Pelacakan Mata menggunakan kamera menghadap ke depan untuk menyiapkan dan mengkalibrasi dalam hitungan detik, dan dengan pembelajaran mesin di perangkat, semua data yang digunakan untuk menyiapkan dan mengontrol fitur ini disimpan dengan aman di perangkat, dan tidak dibagikan dengan Apple.

Pelacakan Mata berfungsi di seluruh aplikasi iPadOS dan iOS, dan tidak memerlukan perangkat keras atau aksesori tambahan. Dengan Pelacakan Mata, pengguna dapat menavigasi elemen aplikasi dan menggunakan Kontrol Tetap untuk mengaktifkan setiap elemen, mengakses fungsi tambahan seperti tombol fisik, gesekan, dan gerakan lainnya hanya dengan mata mereka.

Apple dikabarkan mengungkap iOS 18 dan lebih banyak lagi di konferensi pengembang tahunan WWDC pada 10 Juni 2024. Sementara pembaruan perangkat lunak akan dirilis secara luas akhir tahun ini.

(brl/red)