Begini cara kerja pengoptimalan pengisian daya di Android 15

Begini cara kerja pengoptimalan pengisian daya di Android 15

Techno.id -

Kamu tidak akan dapat membuat baterai smartphone bertahan selamanya. Tetapi kamu dapat membantunya bertahan lebih lama. Pengoptimalan pengisian daya adalah salah satu fitur Android 15 yang patut dijelajahi, karena dirancang untuk melakukan hal tersebut.

Fitur ini menambahkan opsi baru untuk membatasi pengisian baterai hingga 80%, yang membantu memperlambat degradasi baterai. Opsi ini mengorbankan masa pakai baterai sehari-hari tetapi tujuannya untuk menjaga kesehatan baterai jangka panjang. Apakah ini fitur yang layak diaktifkan, atau haruskah tetap menggunakan fitur Adaptive Charging?

Pengoptimalan pengisian daya di Android 15

Begini cara kerja pengoptimalan pengisian daya di Android 15 foto: freepik/eyeem

Pengoptimalan pengisian daya adalah fitur baru di menu Pengaturan Android 15. Fitur ini bisa ditemukan di Pengaturan > Pengoptimalan Baterai > Pengisian daya.

Jika kamu mengaktifkan Pengoptimalan Pengisian daya, maka dapat memilih salah satu dari dua mode, Pengisian Adaptif dan Batasi hingga 80%.

Opsi Batasi hingga 80% menghentikan proses pengisian daya saat level baterai mencapai 80%. Ikon perisai muncul di sebelah baterai di bilah status, yang menunjukkan bahwa ponsel telah selesai diisi daya.

Fitur ini telah tersedia di beberapa ponsel, termasuk model iPhone dan Samsung Galaxy, tetapi dengan Android 15, batas pengisian daya sekarang dibangun ke dalam sistem operasi Google.

Pengisian adaptif

Begini cara kerja pengoptimalan pengisian daya di Android 15 foto: tangkapan layar

Pengisian adaptif adalah opsi lain di menu Pengoptimalan Pengisian daya. Fitur ini telah tersedia di Android sejak Desember 2020, hanya ada sedikit penyesuaian di tahunberikutnya sejak diperkenalkan. Tampaknya tidak diubah di Android 15. Fitur ini mengisi baterai secara normal hingga 80%, dan 20% sisanya diisi ulang sekitar satu jam sebelum kamu biasanya mencabut steker ponsel. Dibanding batas 80%, Pengisian adaptif adalah opsi yang kurang agresif dan kurang efektif untuk menjaga kesehatan baterai.

Pengisian adaptif bekerja paling baik jika kamu biasa mengisi daya ponsel semalaman. Fitur ini menggunakan alarm pagi untuk mengetahui kapan harus melanjutkan pengisian daya. Pengisian adaptif dapat menganalisis penggunaan dan kebiasaan pengisian daya kamu untuk mengonfigurasi dirinya sendiri.

(brl/red)