Bocoran dimensi lengkap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terungkap

Bocoran dimensi lengkap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terungkap

Techno.id - Tahun ini, Apple akan meningkatkan ukuran iPhone premiumnya, dan ini akan menjadi pembaruan ukuran pertama. Meskipun beberapa bocoran belakangan ini mengungkapkan bahwa iPhone 16 Pro akan berukuran 6,3 inci (naik dari 6,1 inci dari versi sebelumnya) dan Pro Max akan berukuran 6,9 inci (naik dari 6,7 inci), namun belum ada gambaran lengkap tentang setiap dimensi iPhone 16.

Namun pembocor UniverseIce dan Instant Digital yang berbasis di Weibo China kini telah menguatkan rumors ukuran bezel untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Mereka memberikan gambaran lengkap tentang dimensi perangkat generasi berikutnya Apple menjelang peluncuran seri iPhone 16, sekitar pertengahan September 2024. Di sini mereka membandingkan dengan model iPhone 15 Pro.

iPhone 16 Pro

Bocoran dimensi lengkap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terungkap

iPhone 16 Pro Max

Bocoran dimensi lengkap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terungkap

Tahun lalu, Apple mengurangi batas layar pada model iPhone 15 Pro menggunakan pencetakan berlebih tekanan injeksi rendah, atau LIPO. Tahun ini, Apple dikabarkan akan menggunakan teknologi Border Reduction Structure (BRS), yang memungkinkan tata letak sirkuit di bawah layar menjadi lebih ringkas dan efisien, menghasilkan bezel yang lebih ramping.

Seperti yang ditunjukkan tabel, batas layar pada iPhone 16 Pro adalah 1,2 mm (turun dari 1,71 mm), yang merupakan pengurangan 30%. Sementara itu, batas pada iPhone 16 Pro Max yang lebih besar adalah 1,15 mm (turun dari 1,55 mm), yang merupakan pengurangan 26%. Untuk perbandingan ponsel saingannya, batas pada Samsung Galaxy S24 Ultra adalah 1,5 mm.

Pengurangan tersebut diharapkan dapat memberikan smartphone premium Apple bingkai layar tersempit di dunia. Tetapi untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang perbedaan antara iPhone 15 Pro Max tahun lalu dan iPhone 16 Pro Max yang akan datang, UniverseIce membagikan gambar seperti di bawah ini.

Bocoran dimensi lengkap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terungkap iPhone 16 Pro Max (kiri) vs iPhone 15 Pro Max (foto:X/@universeice)

Bagi pengguna yang berasal dari model iPhone 15 Pro, perbedaan batas layar kemungkinan akan terlihat kecil, tetapi perlu diingat bahwa layarnya sendiri lebih besar pada model iPhone 16 Pro, dan batas layar yang lebih sempit akan mengurangi ukuran sasis yang dibutuhkan. Jadi efeknya cenderung lebih signifikan saat benar-benar memegang ponsel dan melihat layar.

Bagi mereka yang berencana untuk memutakhirkan dari model iPhone Pro yang lebih lama, perbedaan layarnya cukup jelas. UniverseIce memberikan perbandingan iPhone 16 Pro Max berikut dengan iPhone 13 Pro Max, yang dirilis pada tahun 2021.

Bocoran dimensi lengkap iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max terungkap iPhone 16 Pro Max (kiri) vs iPhone 13 Pro Max (foto: X/@universeice)

Jika bezel yang lebih ramping tampaknya bukan masalah besar, iPhone baru juga telah meningkatkan teknologi kamera, tombol pengambilan baru, chip modem baru, opsi warna baru, dan banyak lagi.

(brl/red)