ByteDance rilis Whee, aplikasi yang disebut sebagai pesaing Instagram

ByteDance rilis Whee, aplikasi yang disebut sebagai pesaing Instagram

Techno.id - Meta, perusahaan di balik Facebook dan Instagram, memiliki sejarah panjang dalam meniru fitur pesaing dan membangun pangsa pasar sendiri. Sekarang, perusahaan media sosial kompetitor, ByteDance yang tak lain pemilik TikTok, sepertinya sedang membalik keadaan tersebut dengan mengumumkan aplikasi pesaing Instagram.

ByteDance baru saja merilis aplikasi bernama Whee, yang sangat mirip dengan Instagram. Ini bukan tiruan Instagram, tapi kemiripannya sangat luar biasa. Aplikasi ini tersedia di Android di beberapa negara. Aplikasi ini berfokus pada pengalaman berbagi yang lebih pribadi daripada publik.

Tidak seperti akun publik Instagram, Whee menekankan berbagi foto secara eksklusif dengan teman. Aplikasi ini pun memiliki tagline Hanya berbagi dengan teman dan Dibuat untuk teman.

ByteDance rilis Whee, aplikasi yang disebut sebagai pesaing Instagram foto: play.google.com

Aplikasi ini juga sangat kontras dengan TikTok, yang memiliki algoritma yang memudahkan pengguna menjangkau orang asing. Antarmuka pengguna Whee tampak sederhana, menampilkan tab untuk kamera, umpan, dan pesan, mirip dengan Instagram.

Tombol notifikasi mirip Instagram juga ada. Intinya, aplikasi ini sangat mirip dengan Instagram, meskipun bukan tiruan Instagram. Di sisi lain, ini juga bukan satu-satunya peluncuran media sosial ByteDance baru-baru ini. ByteDance juga memiliki Catatan TikTok, yang mirip dengan Instagram. Lalu ada juga komponen teks yang membuatnya dekat dengan X (Twitter) atau Threads.

ByteDance rilis Whee, aplikasi yang disebut sebagai pesaing Instagram foto: play.google.com

Belum ada informasi apakah Whee akan diluncurkan secara global. Rilis senyap ini mungkin merupakan peluncuran awal, dan ByteDance berpotensi menarik aplikasi sebelum menjangkau khalayak yang lebih luas. Jika kamu ingin mencobanya, dan kebetulan tinggal di salah satu negara yang menyediakannya, kamu dapat mengunduhnya dari Google Play Store.

(brl/red)