CEO Apple Tim Cook ungkap kapan ChatGPT bakal disematkan pada iOS 18

CEO Apple Tim Cook ungkap kapan ChatGPT bakal disematkan pada iOS 18

Techno.id - CEO Apple Tim Cook mengungkapkan bahwa ChatGPT bakal diintegrasikan ke iOS 18 pada akhir tahun kalender. Seperti dikutip dari laman Apple News, Cook mengkonfirmasi bahwa fitur-fitur seperti dukungan untuk bahasa di luar bahasa Inggris Amerika Serikat akan terjadi selama tahun ini sebagai bagian dari peluncuran tersebut. Dia melanjutkan, integrasi ChatGPT akan tersedia pada akhir tahun 2024.

Integrasi ChatGPT akan membuat Siri lebih mumpuni

CEO Apple Tim Cook ungkap kapan ChatGPT bakal disematkan pada iOS 18 foto: apple

Ketika Siri pertama kali muncul di iPhone 4S pada tahun 2011, sepertinya pengguna menyaksikan awal dari cara baru untuk berinteraksi dengan ponsel. Namun, Siri tidak pernah benar-benar maju dari kemunculan awalnya. Iterasi Siri saat ini bukanlah peningkatan besar pada versi yang awalnya dirilis hampir 13 tahun lalu.

Namun, di iOS 18, Siri akhirnya akan mendapat beberapa peningkatan yang signifikan. Ini termasuk kemampuan untuk mengambil tindakan di dalam dan bahkan di seluruh aplikasi yang memungkinkan pengguna memberikan instruksi kompleks kepada Siri yang menggabungkan tindakan dalam beberapa aplikasi. Siri juga akan mendapatkan kesadaran di layar, memungkinkannya menggunakan informasi yang saat ini ditampilkan di layar.

Salah satu pengumuman terbesar, Siri akan menyertakan integrasi dengan ChatGPT OpenAI. Jika Siri ditanyai pertanyaan yang tidak memiliki kemampuan untuk menjawabnya, pengguna diberi opsi untuk bertanya kepada ChatGPT sebagai gantinya.

Apple memberikan contoh seperti mendapatkan ide resep berdasarkan daftar bahan, dan mendapatkan saran tanaman yang cocok untuk dek luar ruangan, berdasarkan foto dek. Pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan tentang dokumen, menggunakan ChatGPT untuk menghasilkan teks seperti cerita pengantar tidur, dan bahkan menghasilkan gambar menggunakan ChatGPT.

Bagian terbaiknya adalah pengguna mendapatkan akses ke ChatGPT secara gratis tanpa perlu membuat akun. Pelanggan ChatGPT dapat menautkan akun mereka untuk mendapatkan akses ke fitur ChatGPT berbayar di iOS.

Beberapa fitur Apple Intelligence mungkin tidak hadir hingga tahun 2025

CEO Apple Tim Cook ungkap kapan ChatGPT bakal disematkan pada iOS 18 foto: apple

Beberapa fitur kecerdasan buatan baru untuk iPhone pernah dipamerkan di acara WWDC 24 Apple. Semua fitur Apple Intelligence ini pada akhirnya akan menjadi bagian dari iOS 18 di beberapa titik, tetapi tidak semuanya akan muncul saat peluncuran awal.

Faktanya, beberapa fitur Apple Intelligence mungkin tidak akan tiba hingga tahun 202. Kemungkinan besar banyak kemampuan Siri yang paling kuat tidak akan muncul sampai tahun 2025. Ini termasuk kemampuan untuk mengambil tindakan di dalam dan di seluruh aplikasi, kesadaran di layar Siri, dan kemampuan untuk mencari berdasarkan konteks pribadi.

Mungkin juga iOS 18 akan diluncurkan tanpa fitur Apple Intelligence sama sekali. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, tidak ada fitur Apple Intelligence yang akan disertakan dalam rilis pertama iOS 18, yang akan dirilis pada September mendatang. Kemampuan AI kemungkinan akan pertama kali muncul di pembaruan iOS 18.1, yang akan tiba akhir tahun ini.

Ini tampaknya dibuktikan rilis beta pengembang iOS 18.1 yang kini telah dirilis dan menyertakan fitur Apple Intelligence pertama seperti alat tulis AI, animasi Siri baru bersama dengan pemahaman yang ditingkatkan untuk pertanyaan lanjutan, ringkasan email yang dihasilkan AI, dan opsi balasan cerdas di aplikasi Pesan. Foto dalam beta pengembang iOS 18.1 juga menyertakan kemampuan untuk membuat Film Memori berdasarkan deskripsi teks, di samping pencarian bahasa alami yang ditingkatkan.

(brl/red)