ChatGPT sempat down beberapa jam, ini spekulasi yang muncul

ChatGPT sempat down beberapa jam, ini spekulasi yang muncul

Techno.id - ChatGPT sempat down. Pada dini hari 4 Juni 2024, halaman web status OpenAI melaporkan bahwa mereka sedang menyelidiki masalah tersebut. Pembaruan status pertama di situs web OpenAI adalah pukul 00:21 PDT atau pukul 14:21 WIB. Sedangkan pembaruan terbaru adalah mulai pukul 02:00 PDT atau pukul 16:00 WIB, menunjukkan bahwa OpenAI terus berupaya memperbaiki masalah ini.

Artinya ChatGPT sempat down beberapa jam. Layanan sempat kembali lagi selama kurang lebih sepuluh menit sekitar pukul 03.30 PDT atau pukul 17:30 WIB namun berhenti kembali. Setiap pertanyaan yang muncul di aplikasi dan di browser dipenuhi dengan pesan "Kesalahan Server Internal".

OpenAI mengatakan perbaikan telah diterapkan danterus memantau hasilnya pada pukul 04:19 PDT atau pukul 18:19 WIB. Tetapi status perubahan masih belum tersedia untuk beberapa pengguna di situs OpenAI. Namun pada pukul 04:45 PDT atau pukul 18:45 WIB, semua sistem ChatGPT sudah beroperasi kembali. Saat artikel ini ditulis, ChatGPT sudah bisa digunakan dengan lancar.

Spekulai bermunculan

ChatGPT sempat down beberapa jam, ini spekulasi yang muncul foto: freepik/frimufilms

Ada beberapa spekulasi mengapa ChatGPT down. Karena OpenAI mengimplementasikan pembaruan ChatGPT yang sangat dinantikan yang akan diumumkan pada musim semi. Fitur-fitur ini termasuk obrolan suara yang ditingkatkan yang memungkinkan pengguna mendapatkan tanggapan instan dan menyela ChatGPT di tengah kalimat, serta kemampuan untuk menampilkan umpan langsung ChatGPT dari ponsel pengguna dan menanyakan aplikasi tentang apa pun yang terlihat.

Namun perpesanan di halaman status OpenAI membuat masalah ini terlihat seperti pemadaman yang tidak direncanakan daripada pembaruan yang direncanakan. Tetapi yang jelas ChatGPT sempat down, baik karena desain, kesalahan, atau fungsionalitas baru yang sedang diaktifkan.

(brl/red)