CPU vs GPU, ini perbedaan dan cara kerjanya di dalam sebuah perangkat komputer

CPU vs GPU, ini perbedaan dan cara kerjanya di dalam sebuah perangkat komputer

Techno.id - Di tengah era di mana artificial intelligence (AI) menjadi mainstream, Neural Processing Unit (NPU) kini menjadi pertimbangan penting saat pengguna membeli PC atau laptop generasi berikutnya. Tapi tahukah kamu perbedaan antara NPU dengan Graphics Processing Unit (GPU)?

NPU

CPU vs GPU, ini perbedaan dan cara kerjanya di dalam sebuah perangkat komputer foto: techno.id/yani andriyansyah/copilot designer

NPU adalah prosesor khusus yang digunakan untuk mempercepat operasi jaringan saraf, termasuk tugas komputasi AI dan machine learning (ML). Ini mencakup pengoptimalan perangkat keras khusus yang membuatnya lebih berkinerja sambil tetap mencapai efisiensi energi yang tinggi.

NPU memiliki kemampuan pemrosesan paralel (mampu menjalankan beberapa operasi secara bersamaan), dan dengan pengoptimalan arsitektur perangkat keras, NPU dapat secara efisien melakukan tugas AI dan ML seperti inferensi dan pelatihan. NPU dapat digunakan untuk melakukan tugas AI yang berbeda, seperti pengenalan wajah, dan bahkan melatih sistem AI.

GPU

CPU vs GPU, ini perbedaan dan cara kerjanya di dalam sebuah perangkat komputer foto: techno.id/yani andriyansyah/copilot designer

GPU adalah prosesor khusus yang digunakan untuk mempercepat tugas grafis seperti pemrosesan dan rendering gambar atau video. Mirip dengan NPU, GPU mendukung pemrosesan paralel dan dapat melakukan triliunan operasi per detik.

Awalnya digunakan untuk mempercepat pemrosesan grafik dan tugas rendering seperti pengeditan gambar atau video dan permainan, GPU sekarang digunakan untuk berbagai tugas komputasi. Karena throughput-nya yang tinggi, GPU melakukan operasi intensif data seperti pemrosesan data skala besar dan perhitungan kompleks seperti penambangan mata uang kripto.

Untuk alasan yang sama, GPU juga digunakan untuk melatih jaringan saraf yang besar. Misalnya, perusahaan teknologi menggunakan GPU H-100 tingkat perusahaan Nvidia untuk melatih model bahasa besar (LLM) mereka.

(brl/red)