Facebook dan Instagram akan menyembunyikan label gambar yang diedit AI, ini alasannya

Facebook dan Instagram akan menyembunyikan label gambar yang diedit AI, ini alasannya

Techno.id - Meta bakal menyesuaikan kebijakan pelabelan untuk konten di Facebook dan Instagram yang dimodifikasi atau diedit menggunakan alat AI generatif. Mulai minggu ini, Meta tidak akan lagi menampilkan tag Info AI secara mencolok untuk konten yang hanya dimodifikasi atau diedit oleh alat AI. Sebagai gantinya, label akan disembunyikan di dalam menu yang muncul saat mengklik tiga titik di atas postingan.

Langkah itu dilakukan setelah kritik terhadap label Made with AI Meta sebelumnya, yang salah menandai foto asli yang diambil oleh pengguna. Dalam sebuah posting blog, Meta mengatakan tujuan memberikan pelabelan untuk membantu orang tahu kapan mereka melihat konten yang dibuat dengan AI. Meta juga berjanji akan meningkatkan proses pelabelan sehingga label di platform Meta lebih sesuai dengan harapan orang.

Meta mengatakan pendekatan baru akan lebih mencerminkan sejauh mana AI telah digunakan dalam sebuah konten. Namun, beberapa ahli khawatir bahwa perubahan ini dapat mempersulit pengguna mengidentifikasi gambar yang telah diedit dengan AI, yang berpotensi menyebabkan peningkatan kebingungan dan penyebaran informasi yang salah.

Gambar yang dipalsukan dapat digunakan untuk menyebarkan informasi palsu, dan label gambar tersembunyi yang diedit AI dapat mempersulit pengguna untuk mengidentifikasi dan menghindari konten tersebut.

Meta telah mengklarifikasi bahwa konten yang terdeteksi sepenuhnya dihasilkan AI akan tetap mempertahankan label Info AI di posisi semula. Artinya, Meta masih akan menampilkan label info AI untuk konten yang terdeteksi dihasilkan oleh alat AI.

(brl/red)