Fenomena BookTok, komunitas penggemar buku yang viral di TikTok

Fenomena BookTok, komunitas penggemar buku yang viral di TikTok

Techno.id - Bagi sebagian besar orang, khususnya anak muda, dengan hadirnya dunia streaming video dan game digital, membaca buku dianggap ketinggalan zaman. Tetapi berkat media sosial seperti TikTok, gagasan untuk membalik halaman buku kini kembali populer dari sebelumnya. Hal ini tak lepas dari BookTok, sub komunitas pecinta buku yang viral di TikTok.

Sekadar informasi, BookTok adalah komunitas terbuka para TikTokers yang membuat video tentang buku. Mereka mengunggah buku favorit, bagian buku, pengaturan buku, atau apa pun yang berhubungan dengan buku.

Sejatinya, BookTok mulai tumbuh selama pandemi. Cukup masuk akal sih, sebab banyak orang terjebak di rumah dan membutuhkan hobi baru. Sebagian besar, BookTokkers adalah remaja dan wanita muda, meskipun tentu saja tidak secara eksklusif. Tampaknya juga ada fokus umum pada fiksi dewasa muda, terutama fantasi, dan novel romansa.

Faktanya, banyak BookTok, setidaknya pada awalnya, berfokus pada novel romansa yang lebih tajam dan berfokus pada wanita. Namun, hari ini kamu akan menemukan BookTokkers yang berspesialisasi dalam hampir semua hal.

BookTok membuat membaca buku menjadi tren lagi

Fenomena BookTok, komunitas penggemar buku yang viral di TikTok foto: tangkapan layar

TikTok selalu menjadi trendsetter di hampir setiap subkategori konten yang dikandungnya, termasuk buku. Banyak pembuat BookTok memiliki pengikut yang sangat besar, dengan ratusan ribu atau bahkan jutaan pengikut. BookTok memiliki lebih dari 200 miliar penayangan pada akhir tahun 2023.

Popularitas yang tiba-tiba ini telah berdampak besar pada pasar buku. Melalui BookTok ini, tidak jarang buku yang tadinya tidak dilirik justru masuk daftar buku terlaris. Tidak sedikit juga yang mengubah buku yang tadinya tidak jelas menjadi sensasi viral.

Apresiasi baru untuk buku fisik

Fenomena BookTok, komunitas penggemar buku yang viral di TikTok foto: tangkapan layar

Salah satu aspek yang paling mengejutkan dari BookTok adalah fokus pada buku kertas fisik. Mungkin banyak yang beranggapan, di zaman modern, BookTok akan merujuk pada buku edisi Kindle atau buku audio. Tetapi sebagian besar justru fokus pada buku fisik yang akan kamu lihat di layar ponsel.

Cukup masuk akal mengingat TikTok adalah media visual, dan sulit untuk membahas objek virtual secara visual. Buku fisik memungkinkan pencipta berinteraksi dengan mereka dan membentuk bagian penting dari latar belakang atau koleksi untuk dipamerkan kepada pemirsa.

Melalui BookTok juga cara yang bagus untuk mengetahui apa yang sedang hangat saat ini. Seiring dengan kedewasaan BookTok dan pencipta yang berbeda menemukan audiens mereka, ini berubah menjadi cara yang sangat efektif untuk mengetahui buku apa yang hangat dibicarakan. Setidaknya, fenomena ini memberikan gambaran bahwa buku selalu memiliki ceruk yang sangat spesifik dalam genre yang lebih besar.

(brl/red)